Ahad 20 Jan 2019 15:10 WIB

Rumah Zakat Sukseskan Gerakan Ayo ke Posyandu

Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan hanya tanggung jawab Pemerintah.

Rumah Zakat dorong gerakan Ayo ke Posyandu.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat dorong gerakan Ayo ke Posyandu.

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Posyandu dibentuk guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggung jawab Pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat. Dalam hal ini Rumah Zakat bersama Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) di Pamekasan sebagai mitra yang berkolaborasi kegiatan dalam hal tersebut. Kolaborasi baik pemberian PMT, sarana posyandu atau menginisiasi berdirinya Posyandu yang baru atau menghidupkan kembali Posyandu yang tidak aktif.

Sebagai mana, pada Rabu (15/1), dilaksanakan Posyandu balita dan lansia bertempat di Posyandu Cempaka Dusun Bunut, Desa Plakpak Pegantenan, Pamekasan. Sebanyak 40 balita dan 45 lansia hadir di kegiatan tersebut, jumlah ini menandakan kesadaran akan kesehatan sudah mulai meningkat di masyarakat.

Bidan setempat, Bidan Ita, berterima kasih atas kerja sama dalam melaksanakan program Posyandu. “Saya selaku bidan desa di Plakpak sangat berterima kasih kepada Rumah Zakat, selama bekerja sama selama ini posyandu di sini lebih maksimal dan ada peningkatan,” ujar Ita seperti dalam siaran pers Rumah Zakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement