Jumat 14 Dec 2018 04:00 WIB

Program Rumah Belajar Bantu Berantas Buta Huruf

Masih banyak anak usia SD dan SMP kesulitan membaca dan perkalian.

Aktivitas belajar di Rumah Belajar Desa Suka Maju.
Foto: rumah zakat
Aktivitas belajar di Rumah Belajar Desa Suka Maju.

REPUBLIKA.CO.ID,SUKA MAJU -- Rumah Belajar Suka Maju terus berkomitmen berantas buta huruf untuk kalangan anak-anak yang masih sulit membaca. Rumah Zakat memiliki Program Rumah Belajar yang dibina secara rutin untuk membantu mencerdaskan anak-anak di daerah yang masih kurang mengenyam pendidikan.

Di dalamnya ada kegiatan kelas matematika, yang fokus pembahasan perkalian, sebagai perhitungan yang dasar dalam matematika. Kegiatan ini berlangsung di Rumah Fasilitator sendiri yakni di Dusun VIII Jl. Terang Bulan setiap pekannya.

Fasilitator sudah melakukan wawancara kebeberapa orang tua, guru dan beberapa sekolah, ternyata masih ada anak jenjang SD, dan SMP masih terasa sulit untuk membaca dan belajar perkalian. Hal ini menggerakkan kemauan Bang Fauzi selaku Fasilitator Rumah Zakat Desa Berdaya Suka Maju untuk membuat Rumah Belajar sebagai mediasi permasalahan ini.

Seperti biasa ada beberapa anak yang sesudah Kegiatan Rumah Belajar selesai, mereka mendatangi Bang Fauzi untuk diberikan beberapa trik dalam mempelajari perkalian selain dengan cara menghapalnya.

 

"Jadi kita menerapkan sistem hapalan yang beranekaragam, biarkan imajinasi anak anak berkembang dalam menghapal perkalian versinya sendiri, tanpa kita harus atur. Buat mereka merasa sangat mudah dengan menghapal perkalian tersebut. Kita hanya memfasilitasi cara tersebut yang telah dibuatnya," kata Fauzi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement