Ahad 30 Sep 2018 13:50 WIB

Merespons Gempa Palu dan Donggala Rumah Zakat Kirim Relawan

Rumah Zakat mengirimkan tim pendahuluan hingga layanan medis untuk para korban.

Warga berada di luar rumahnya pasca terjadi gempa bumi di kecamatan Sindue, Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9).
Foto: Antara/Mohamad Hamzah
Warga berada di luar rumahnya pasca terjadi gempa bumi di kecamatan Sindue, Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9).

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Indonesia kembali berduka. Setelah gempa melanda wilayah Lombok beberapa waktu lalu, kali ini gempa besar berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) pukul 17.02 WIB. Sumber gempa berasal dari Sesar Palu Karo.

Tak lama setelah gempa terjadi, tsunami melanda Palu, Sulawesi Tengah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan gempa tsunami sempat menerjang Pantai Talise, Palu dan Pantai di Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9). Tsunami di kedua pantai ini terjadi setelah gempa bumi berkekuatan 7,7 SR.

Laporan sementara, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan gempa dan tsunami tersebut mengakibatkan 384 orang meninggal dunia dan ribuan rumah rusak pada Sabtu (29/9) lalu. Sementara Gempa terjadi, jaringan telekomunikasi di Donggala dan sekitarnya tidak dapat beroperasi karena pasokan listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) terputus.

Dikutip dari Sharing Happiness.org, Ahad (30/9), merespons kondisi tersebut, Rumah Zakat Melakukan beberapa aksi. Di antaranya pengiriman tim pendahulu, evakuasi, bantuan logistik, layanan medis dan assesment.

 

Untuk tim yang dikerahkan ke Palu dan Donggala, antara lain berasal dari Bandung dua orang yakni bertugas sebagai kordinator lapangan aksi peduli Gempa Palu dan Donggala. Posisi sedang kordinasi dengan BPBD Gorontalo.

Dari Gorontalo Rumah Zakat mengirimkan tiga orang tim pendahulu. Posisi dalam  perjalanan menuju Palu dan Donggala. Sementara tim relawan dari Manado juga dalam perjalanan.

"Tim relawan dari Makasar berjumlah dua orang tenaga medis. Posisi dalam perjalanan Tim Relawan dari balikpapan berangkat malam ini dengan membawa armada ambulans kesehatan via laut," ujar siaran pers Rumah Zakat.

Sedangkan relawan dari Jakarta berangkat Ahad dan dari Mamuju Sulawesi Barat berangkat Sabtu sore. Tim relawan membawa armada  kesehatan berangkat dari Makassar via darat berangkat Sabtu malam.

"Sahabat, mari kita kirimkan doa terbaik kita untuk keselamatan saudara-saudara kita di Donggala dan bagi para relawan Rumah Zakat yang sedang bertugas di sana," ungkap Rumah Zakat.

Untuk bantuan melalui Rumah Zakat bisa dilakukan dengan transfer donasi ke nomor rekening Mandiri 132000 481 974 5 atau BNI Syariah 155 555 5589 atau melalui link donasi: https://sharinghappiness.org/AksiBencanaDonggala

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement