Kamis 09 Aug 2018 04:41 WIB

Tambahan Penghasilan dari Ternak Kambing

Lima belas peternak di Pangandaraan mendapat pembinaan dari Rumah Zakat.

Rumah Zakat dan peternak binaannya
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat dan peternak binaannya

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Di Dusun Tarikolot Desa Pajaten Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran terdapat 15 peternak binaan Rumah Zakat. Sejak Juli 2017 para peternak ini didampingi dan diberi batuan berupa kambing untuk dikembangbiakan.

“Dulu kami berikan 18 ekor domba untuk 15 peternak ini, setiap peternak menerima satu domba betina sedangkan tiga domba jantannya digunakan untuk bersama” ujar Roswanda, Fasilitator Rumah Zakat yang mendampingi para peternak.

Kini domba yang dikembangbiakan oleh para petani sudah beranak pinak. Untuk melihat perkembangan ternak, rutin sepekan sekali Ruswandi melakukan monitoring. Ia berkunjung ke setiap kandang para petani, tak hanya itu setiap dua pekan sekali para petenak juga melakukan pertemuan untuk bersilaturahin serta menuntut ilmu bersama.

“Dulu saya minim penghasilannya dan ingin sekali berternak kambing sekarang Alhamdulillah sudah mempunyai indukan kambing dan dua anakan yang mudah–mudahan bisa terus berkembang dengan baik. Terima kasih Rumah Zakat yang telah membantu warga didusun ini, mudah–mudahan Rumah Zakat tetap Jaya dan amal para donaturnya di terima Allah SWT” ujar Sarip salah satu peternak binaan Rumah Zakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement