Senin 30 Jul 2018 05:25 WIB

Ternak Berdaya Binaan Rumah Zakat

Potensi peternakan di daerah Cigugurgirang sangat baik.

Rumah Zakat membina warga dalam program Ternak Berdaya.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat membina warga dalam program Ternak Berdaya.

REPUBLIKA.CO.ID, CIGUGURGIRANG -- Melihat potensi di Desa Cigugurgirang Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, dengan luasnya lahan pertanian menyebabkan mayoritas warganya bermatapencaharian petani. Tak hanya itu rumput sebagai pakan ternak pun bisa tumbuh subur di sini sehingga wilayah ini juga sangat pontensial dijadikan daerah untuk beternak.

Potensi pasar peternakan di daerah ini sangat baik terbukti untuk memenuhi kebutuhan akikah dan kurban saja masih beli dari desa lain. Oleh karena itu dengan adanya program dari Rumah Zakat para penerima manfaat sangat antusias karena mereka masih kesulitan modal untuk berternak. Sehingga untuk bisa berternak masih menggunakan sistem bagi hasil dengan para pemodal.

Untuk membantu memberdayakan warga binaan Rumah Zakat memberikan bantuan hewan ternak berupa domba. “Rumah Zakat sediakan lima ekor domba yang sudah siap kawin, dan ada juga yang sudah hamil. Semoga bisa dikelola dengan baik oleh warga binaan” ujar Fasilitator Desa Berdaya, Cucu Sumirat, seperti dalam siaran pers.

Cucu pun berharap domba tersebut bisa berkembang biak sehingga bisa mengangkat perekonomian masyarakat yang rata-rata bekerja sebagai buruh tani. “Alhamdulilah, para penerima manfaat sangat bahagia dan berterima kasih pada Rumah Zakat. Mudah-mudahan program ini bisa berjalan dengan baik, dan lima bulan ke depan bibit domba ini bisa berkembang biak dengan baik,” tambah Cucu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement