Jumat 20 Jul 2018 15:48 WIB

Rumah Zakat Beri Modal Usaha untuk Lima KK di Karanganyar

Bantuan diberikan berupa indukan ayam kampung, pakan dan kandang.

Salah satu penerima bantuan Rumah Zakat.
Foto: Rumah Zakat
Salah satu penerima bantuan Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Rumah Zakat melalui Yayasan Masyarakat Tani Nusantara (MTN) kembali menggulirkan program Peternak Berdaya. Kali ini, program tersebut dilakukan untuk masyarakat di dusun Bakaran RT  02/06, Desa Sokosari Kecamatan Jumantono, Karanganyar.

Program Peternak Berdaya ini adalah program untuk warga yang tidak mampu, agar dapat membantu meningkatkan taraf ekonomi warga tersebut serta menambah penghasilan warga tidak mampu. Program ini dilakukan di desa berdaya Sokosari yang telah menjadi binaan Rumah Zakat sejak 2016.

Skema yang dilaksanakan kali ini adalah memberikan bantuan indukan ayam kampung kepada para pnerima manfaat, ditambah dukungan kandang serta pakan ternak. Hal ini agar para paternak dapat langsung menjalakan usahanya untuk beberapa bulan kedepan tanpa mengeluarkan modal.

Dalam perjalanannya, para penerima manfaat akan didampingi oleh seorang Fasilitator Rumah Zakat. Mereka bertugas melakukan monitoring dan evaluasi dengan mengadakan pertemuan minimal sekali tiap bulannya.

Dalam pertemuan ini para peternak dapat menyampaikan masalah dan kendala dalam pengelolan ternaknya. Adapun penyerahan bantuan ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2018 yang lalu, dan tindak lanjutnya adalah pertemuan rutin antara peternak dan penyuluh setiap tanggal 20.

Program peternak berdaya ini telah dapat membantu lima orang penerima manfaat di Dusun Bakaran RT 02/06, Desa Sokosari ini , yaitu Bapak Sugiman, Bapak Suradi, Bapak Sunarno, Bapak Narimo, dan Bapak Nardi.

Bapak Slamet selaku Ketua RT 02/06 dusun bakaran, sangat gembira dan berterimakasih atas kepedulian Rumah Zakat kepada warga dusun ini. ”Saya selaku pimpinan di dusun Bakaran RT 02/06 ini menyampaikan ungkapan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada Rumah Zakat dan MTN, yang telah peduli kepada warga kami, program ini sangat bermanfaat untuk warga kami, semoga mendapatkan balasan yang lebih baik dari Alloh SWT,” katanya.

Salah satu penerima manfaat juga menyampaikan terima kasihnya atas bantuanyang diberikan. “Terima kasih Rumah Zakat, atas bantuan ternak ini, kami sangat terbantu dengan adanya program Peternak Berdaya ini, semoga dapat menambah penghasilan kami” kata pak Sugiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement