Selasa 17 Apr 2018 09:37 WIB

Rumah Zakat Edukasi Diabetes pada Masyarakat

Penyuluhan mengenai diabetes dan cek gula darah sebagai usaha dekteksi dini.

 Rumah Zakat Edukasi Diabetes pada Masyarakat
Rumah Zakat Edukasi Diabetes pada Masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Untuk memperingati hari Diabetes Nasional yang jatuh pada bulan April, Cita sehat foundation mitra Rumah Zakat dalam bidang kesehatan menggelar cek kesehatan gratis di kelurahan Kebagusan kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. "Dalam memperingati hari diabetes sedunia maka kami melakukan tes kesehatan untuk bersama-sama mengenal dan mencegah diabetes," ujar Firda relawan Cita sehat dalam siaran pers Rumah Zakat yang diterima Republika, Selasa (17/4).

Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan diabetes dilaksanakan, diantaranya penyuluhan mengenai diabetes dan cek gula darah sebagai usaha dekteksi dini penyakit diabetes. Selain itu juga dilakukan pengukuran tekanan darah, serta pembagian buku saku diabetes gratis.   

"Diabetes atau kencing manis menyebabkan penyakit lain, seperti gagal ginjal, oleh karena itu masyarakat harus menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga, makan seimbang, dan istirahat cukup," Ujar Firda dalam penyuluhannya. 

Firda menjelaskan diabetes bisa diturunkan oleh ibu pada bayinya. Hal tersebut menambah potensi pengidap diabetes di Indonesia akan semakin bertambah, jika para wanita tidak bisa menerapkan gaya hidup sehat dan benar. 

 

Di Indonesia, epidemi diabetes menunjukkan peningkatan, walaupun sudah menunjukkan sedikit pelambatan. Namun, gaya hidup sehat, dengan menerapkan program CERDIK yang terdiri dari Cek kesehatan secara berkala, Hindari asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

 CERDIK yang juga jadi salah satu program Kementerian Kesehatan itu dihimbau  untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, agar bisa mengurangi penyakit-penyakit seperti diabetes, dan penyakit lainnya.

Kegiatan ini pun mendapatkan sambutan yang baik oleh  warga. " Kegiatan ini menarik sekali, saya mendapat pengetahuan dan pelayanan kesehatan dan buku gratis tentang diabetes, wah ini sangat dahsyat, terimakasih loh Rumah Zakat," papar Nani (44), warga kelurahan Kebagusan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement