Rabu 27 Sep 2017 19:18 WIB

Bank Sampah Bikin Lingkungan Makin Asri

Aktivitas Kebrajan Bank Sampah.
Foto: rumah zakat
Aktivitas Kebrajan Bank Sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Relawan inspirasi rumah zakat mempopulerkan keberadaan bank sampah di Desa Ujungrusi, Tegal. 'Kebrajan Bank Sampah Sejahtera' menjadi percontohan dukuh yang lainnya di desa Ujungrusi dalam pembuatan bank sampah. Andro, salah satu Pamong Desa Ujungrusi berharap  Relawan Inspirasi bisa melakukan sosialisasi ke dukuh yang lainnya di desa Ujungrusi.

Ibu-ibu PKK RT 02/ RW 01 Ujungrusi, Adiwerna, Kab. Tegal bersama Relawan Inspirasi Rumah Zakat menginisiasi Kebrajan Bank Sampah Sejahtera yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar. Pada Ahad (24/9) kemarin, dilakukan aktivitas pemilahan sampah.

Kata ‘Kebrajan’ diambil dari dukuh tempat bank sampah berdiri, sementara kata ‘Sejahtera’ diambil sebagai harapan akan kesejahteraan bagi pengurus, nasabah dan masyarakat desa Ujungrusi.

Pengurus Kebrajan Bank Sampah Sejahtera ini sendiri sudah terbentuk pada saat ibu-ibu PKK diundang ke Rumah Relawan Inspirasi Rumah Zakat. Rohayati selaku ketua PKK  menuturkan bank sampah ini membuat lingkungan menjadi asri.

"Saya sangat berterima kasih sekali terhadap Rumah Zakat dengan mengubah lingkungan desa menjadi asri. Mudah-mudahan bank sampah di RT 02/ RW 01 ini menjadi percontohan RT dan RW yang di desa Ujungrusi bahkan di kecamatan lain,” kata dia.

Rohayati menambahkan, saat ini masih banyak ditemukan masyarakat terutama di desa Ujungrusi yang belum sadar dan malas untuk memilah sampah. Hal ini yang kemudian menjadi permasalahan di lingkungan seperti lingkungan yang kumuh.

Sampah dipilah dan ditimbang setiap hari Ahad setiap 2 pekan sekali pada pukul 09.00. Untuk pembagian hasilnya yaitu 30 persen untuk pengurus dan 70 persen untuk nasabah. Setiap RT pun sudah dibentuk kader untuk menggerakan warga di RT-nya yang menjadi nasabah bank sampah.

“Syukur alhamdulillah pengepul mau menerima sampah kantong plastik, karena berbeda dengan pengepul yang lainnya. Tidak mau untuk menerima sampah kantong plastik. Saat ditimbang dari berbagai jenis sampah alhamdulillah sampah digantikan dengan uang sebesar Rp 116 ribu,” kata Hasbi, Relawan Inspirasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement