Senin 07 Aug 2017 19:13 WIB

Funmath, Cara Kreatif Agar Siswa Senangi Matematika

SD Juara Yogykarta belajar matematika dengan metode funmath.
Foto: rumah zakat
SD Juara Yogykarta belajar matematika dengan metode funmath.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ada cara sendiri agar siswa menyenangi belajar matematika. Bagi sebagian siswa, Matematika kerap dianggap sulit sehingga terkadang guru perlu trik khusus agar matematika tidak dianggap sebagai 'hantu'.

Resty, guru FunMatch memberikan trik agar belajar matematika menjadi lebih menyenangkan. Dia mengajar di kelas 2 SD Juara Yogyakarta pada Kamis (3/8). Kali ini siswa belajar mengenal penjumlahan ratusan dengan menggunakan alat peraga FunMatch. Sebelum pembelajaran dimulai, terlebih dahulu siswa dibagi menjadi lima kelompok. Setelah itu setiap kelompok diberi alat peraga untuk menghitung penjumlahan.  

Jika sebelumnya Bu Resty mengajarkan FunMatch di kelas 1 dengan menggunakan gambar, kali ini Bu Resty mengajarkan  FunMatch di kelas 2 melalui perlombaan.  Lombanya ialah "Siapa Cepat, Dia Yang Menang".

Cara bermainnya pun cukup mudah, yaitu setiap kelompok siswa diberi soal cerita yang dibacakan oleh Bu Resty kemudian setiap kelompok siswa menghitung dengan menggunakan balok, siapa yang lebih cepat menjawab dengan susunan dan letak balok yang tepat maka kelompok itulah yang mendapatkan satu bintang.

Kemudian bintang-bintang yang telah didapatkan oleh setiap kelompok dijumlah dan kelompok yang paling banyak mendapatkan bintanglah yang medapatkan reward. “Dengan menggunakan metode FunMatch ini siswa menjadi lebih paham konsep dasar operasi berhitung penjumlahan dan pengurangan ratusan," kata Resty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement