Senin, 14 Syawwal 1440 / 17 Juni 2019

Senin, 14 Syawwal 1440 / 17 Juni 2019

Ujung Oppa Memeluk Islam Tingkatkan Motivasi Hidup

Senin 27 Mei 2019 11:41 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko

Muslim saat shalat di Masjid Sentral Seoul, di Korea Selatan.

Muslim saat shalat di Masjid Sentral Seoul, di Korea Selatan.

Foto: Blogspot.com
Dengan menjadi Muslim Youtuber, ia ingin merasakan ketenangan hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Nama aslinya Hwang Woo Joong. Orang memanggilnya Ujung Oppa. Dia adalah produsen konten Youtube asal Korea Selatan. Pada 24 Maret lalu dia bersyahadat melalui video call.

Ketika itu, dia berkomunikasi dengan sahabatnya, Muhammad Son. Prosesi memeluk Islam ini didampingi seorang pendakwah asal Bangladesh yang menjadi imam Masjid Ansan.

Sejak itu, namanya berubah menjadi Muhammad Yusuf. Dua nama yang masing-masing memiliki makna luar biasa. Pertama adalah sosok utusan Allah yang terakhir, pembawa risalah Islam, yang diberi kesabaran menakjubkan. Sedangkan, Yusuf adalah sosok nabi yang tampan parasnya.

Pemimpin yang membawa kemakmuran kepada masyarakat di zamannya. Cerita lelaki dengan rambut bercat hijau ini penuh lika-liku. Keluarganya memiliki latar belakang keyakinan yang beragam. Kakek dan neneknya berkeyakinan Katholik, sedangkan kedua orang tuanya menganut Buddha. Tapi, adiknya memilih tidak beragama.

Sebagai anak yang berbakti sejak kecil, Oppa mengikuti keyakinan orang tuanya menganut Buddha hingga kelas 3 SMA. Seorang temannya yang menganut Protes tan mengajak dia untuk pergi ke gereja, tapi hanya satu kali dia ke sana. Setelah itu, dia tak lagi menuruti kemauan temannya.

"Ketika duduk di bangku kuliah pada tahun kedua, saya kembali ke gereja. Setelah itu, hanya setahun sekali. Bisa dikatakan, saat itu saya tidak memiliki agama," ujarnya saat talkshow di acara Hijabers Community Bogor, Sabtu (11/5).

Hidup tanpa agama bukan hal baru. Masyarakat Korea sudah terbiasa dengan hal itu. Bahkan, Oppa mengatakan, hampir separuh orang Korea tidak memiliki agama. Sejak menjadi Muslim, sebagian temannya di Negeri Ginseng menanyakan alasannya memeluk Islam. Oppa selalu menjelaskan bahwa itu adalah pilihan hidupnya. Dengan menjadi Muslim Youtuber, ia ingin merasakan ketenangan hidup.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA