Selasa 19 Feb 2019 06:06 WIB

Van Klaveren: Memeluk Islam Itu Serasa Kembali ke Rumah

Van Klaveren menyatakan telah memeluk Islam pada 26 Oktober tahun lalu.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Mantan politikus Belanda yang sebelumnya anti-Islam, Joaram Van Klaveren memutuskan memeluk Islam.
Foto:

Wilders mengganti naskah kaligrafi kalimat tauhid, yang berbunyi, Tidak ada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah Utusan Allah yang biasanya ada pada bendera negara Arab.

Namun, Wilders pada 2016 di nyatakan bersalah atas tuduhan diskriminasi. Mendengar Van Kleveren memeluk Islam, Wilders pun mem berikan tanggapan. Dia mengatakan, Van Kleveren yang memeluk Islam seperti seorang vegetarian yang bekerja di penjagalan hewan.

Dia cukup terkejut mendengar man tan koleganya di partai yang pernah dipimpinnya menjadi mualaf. Padahal, dia berharap banyak terhadap Van Klevender. Namun, dia tidak bisa berkata lebih banyak.

Said Bouharrou, yang bertugas di Dewan Masjid Maroko di Belanda, memuji Van Klaveren. "Sangat bagus ketika seseorang yang begitu kritis terhadap Islam menyadari bahwa Islam bukanlah yang buruk," katanya kepada Algemeen Dagblad (AD). ¦ ed: erdy nasrul

Klaveren lahir pada 23 Januari 1979 di Amsterdam. Dia meneliti studi agama di VU University Amsterdam dan telah bekerja sebagai pendidik. Dari Maret 2006 hingga Juni 2009 dia adalah anggota dewan kota Almere atas nama Partai People's Party for Freedom and Democracy.

Dalam pemilihan umum 2010, dia terpilih menjadi anggota senat perwakilan partainya. Selain itu, dia juga telah menjadi anggota Negara Bagian Flevoland sejak pemilihan provinsi 2011.

Setelah gagal terpilih pada pemilihan umum 2017 karena VNL tidak mendapatkan satu kursi pun, masa jabatan Van Klaverens di dewan senat secara resmi berakhir pada 23 Maret 2017. Selanjutnya, dia menjadi komentator pada April 2017 untuk acara radio harian Dit is de dag, diproduksi oleh penyiar publik kristen EO. Menurut presenter Tijs van den Brink, dia dipekerjakan karena mewakili orang Kristen konservatif dan sayap kanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement