Senin, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Senin, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Friend King Maduma Tamba Terinspirasi Ahmad Deedad

Rabu 02 Jan 2019 11:30 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko

Alquran

Foto:
Ia tak sabar untuk bisa membaca Alquran

King melanjutkan sekolah dan masih tinggal di rumah nenek, sampai dia lulus SMP, ibunya membujuk untuk kembali tinggal di rumah. King memutuskan kembali ke rumah berharap ayahnya sudah melunak dan menerima keyakinannya.

"Saat saya sampai di rumah, saya melihat surat kabar, tahun 2004, saat itu pengumuman keluluasan haya diumumkan di surat kabar, saya tersenyum dalam hati karena harapannya terkabul," katanya. Karena ayahnya membeli surat kabar untuk melihat pengumuman kelulusan.

Saat bertemu ayahnya kembali, ternyata ayahnya masih bersikap dingin. King mencari sekolah untuk kelanjutan pendidikannya. Dia diterima di sebuah SMA Negeri Cibinong. Ada rasa bangga saat itu, karena King menjadi siswa sekolah negeri.

Namun, konflik kembali terjadi ketika mereka melakukan kebaktian keluarga di akhir tahun. Awalnya hanya pertanyaan-pertanyaan sederhana, tetapi adu pendapat soal agama masing-masing terjadi.

Banyak hal yang diperdebatkan saat itu, terutama isi dari alkitab dan alasan ayahnya tetap berpegang teguh pada agamanya. Begitu juga King yang tetap meyakini Islam agamanya yang paling benar.

"Konsep ketuhanan dan hidup setelah kematian ini yang tidak ditemukan dalam agama ayah saya," ujarnya. Islam menjelaskan kehidupan seseorang, dari sebelum lahir bahkan saat masih berbentuk sel telur hingga wafat dan berada di mana saja. Sedangkan agama ayahnya mengajarkan konsep dosa dan ketuhanan yang baginya tidak dapat diterima logika.

King menjelaskan, inspirasi untuk berdiskusi dengan ayahnya selain Alquran dan sunnah adalah buku dan video kristolog Ahmad Deedad.

Mendalami Islam di pondok pesantren Karena belum bebas beribadah, pemuda ini merasa tidak nyaman berada di rumah. Lagipula tidak ada titik temu soal keyakinan. Dia memutuskan untuk pergi dari rumah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA