Jumat 10 Feb 2012 21:54 WIB

Jeff Perkins: Hidayah Itu Datang Melalui Lagu (Bag 1)

Rep: Devi Anggraini/ Red: Heri Ruslan
Jeff Perkins
Foto: blogspot
Jeff Perkins

REPUBLIKA.CO.ID,  “Be you dust or be you star. To be what you must, just reach out for what you are. And though you travel many roads, there's but one way and that's the one you chose.”

Lirik lagu itu mewakili perjalanan seorang berkebangsaan Inggris, Jeff Perkins (53 tahun) dalam menemukan Islam. Sementara pelantun lagu tersebut, Yusuf Islam --  dikenal dengan nama Cat Stevens -- adalah sesosok idola yang menuntun Jeff mengenal Islam.

Dua tahun lalu, Jeff mantap mengucap syahadat bersama istrinya, Debbie (51). Mereka kini menjalani hidup di sebuah desa kecil di wilayah selatan Prancis, dengan tatapan sinis masyarakat setempat yang membenci Islam. Tak mau kalah oleh keadaan, Jeff terus memperdalam Islamnya. Ia ingin menjadi Muslim yang lebih baik dan mendakwahkan Islam sebagai agama damai.

Saat telah mengenal Islam, Jeff merasa ia telah berhenti mencari. "Aku merasa Islam benar, seolah memang agama itulah yang kucari selama ini. Semua pertanyaan di otakku terjawab," tuturnya kepada wartawan Republika Devi Anggraini Oktavika lewat surat elektronik.

 

                                                                          ***

Sebelum mendalami Islam, Jeff mempelajari beberapa agama, termasuk agamanya sendiri, Kristen. Merasa bahwa dirinya adalah seorang penganut Kristen yang tidak taat, ia mencoba mendatangi gereja untuk mengikuti kuliah agama. Namun kuliah-kuliah itu dirasanya sia-sia, karena ia tetap tak dapat berbicara tentang agamanya itu dengan kepastian.

 "Aku gagal menerima Trinitas dan bahkan berusaha keras meyakini keaslian Bibel. Aku merasa ada beberapa jilid darinya yang tertinggal atau diubah,” katanya.

Tak berhasil menemukan jawaban dari ajaran Kristen, Jeff mulai membaca banyak buku tentang agama lain. Ajaran Hindu dinilainya menarik, namun Jeff merasa terlalu rumit untuk bisa mengikuti ajarannya. Dari Hindu, ia membaca tentang Meher Baba, tokoh spiritual India yang pada 1954 mendeklarasikan diri sebagai inkarnasi dewa. Selesai membedah ajaran Hindu, Jeff beralih pada buku-buku Buddha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement