Kamis 30 Jun 2016 13:23 WIB

Kolang Kaling, Menu Andalan Berbuka Puasa Tulus

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Kolang kaling
Kolang kaling

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berbuka puasa setiap orang memiliki menu andalan masing-masing. Tulus merupakan golongan orang-orang yang mesti berbuka dengan kolang-kaling.

Tulus mengaku sangat menyukai kolang-kaling sebab memiliki manfaat yang menguntungkan untuknya. Menurut Tulus, kolang-kaling membuat dia tidak merasa pegal-pegal.

"Kolang-kaling itu bagus banget buat ngilangin pegal-pegal badan, ini beneran, jadi saya sangat suka sekali kolang kaling," kata penyanyi lagu "Sewindu".

Selama bulan Ramadhan, menu kolang-kaling akan selalu tersedia di rumahnya. Biasanya kolang-kaling itu dibuat menjadi pelbagai macam, seperti manisan, diberi sirup, atau dicampur dengan kolak.

Di samping kolang-kaling, madu menjadi bahan utama yang harus ada pula. Dalam keseharian pun madu dinilai penting untuk dikonsumsi, sehingga Tulus sudah sangat terbiasa.

"Madu itu untuk daya tahan tubuh buat saya, dari dulu bisa dibilang saya hampir enggak pernah makan multivitamin, tapi saya makannya madu," ujar Tulus.

Kebiasaan meminum madu ini sudah dilakukan Tulus sejak Sekolah Menengah Pertama sehingga seperti mendarah daging baginya. Kebiasaan ini itu awalnya diajarkan oleh kedua orang tua Tulus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement