Ahad 26 Nov 2017 16:36 WIB
Donasi SPM ke Posko Pengungsian Palestina

Melly Goeslaw: Warga Palestina Sengsara di Negeri Sendiri

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agus Yulianto
Pengungsi Palestina menyusul Perang Arab-Israel 1948
Foto:
Penyanyi Melly Goeslaw diresmikan menjadi relawan Sahabat Palestina Menanggil (SPM) yang akan mengantarkan donasi kepada pengungsi Palestina di Turki Desember nanti. Ahad (26/11).

Melly Goeslaw mengaku, sangat senang dan bersyukur karena diberikan kesempatan untuk berkontribusi dalam kegiatan SPM. Saat ditanya mengenai perasaannya mendapatkan kesempatan bertegur sapa langsung dengan warga Palestina, Melly mengaku, kehilangan kata-kata.

"Saya tidak bisa berkata apa-apa, yang jelas saya harap bantuan yang telah sama-sama kita kumpulkan ini dapat berguna bagi mereka (Palestina)," kata Melly.

Pelantun Ayat-ayat cinta ini menganggap, kegiatan membantu Palestina, bukan hanya berpatok pada dasar agama, namun juga kemanusiaan. Penderitaan dan kesengsaraan yang harus diterima Palestina di negara mereka sendiri, kata Melly, seharusnya dapat membangkitkan rasa syukur kepada siapapun yang nasibnya lebih beruntung, khusunya Indonesia.

"Kita (Indonesia) jauh lebih beruntung karena masih bisa bekerja dengan nyaman, beribadah juga aman, dan masih bisa berkumpul bersama keluarga. Ini bukan hanya berbicara tentang agama, tapi asas kemanusiaan," ujar Melly.

Sebagai sesama manusia yang memiliki keinginan untuk dapat hidup tenang, kata Melly, tentu kejadian yang menimpa Palestina dapat menggetarkan hati nurani, bukan hanya sesama muslim tapi juga seluruh dunia. Tangisan kehilangan, rasa sakit, dan luka fisik dan mental yang dirasakan Palestina akan membangkitkan kesadaran dan jiwa sosial setiap manusia untuk saling bahu-membahu menolong mereka yang kesulitan, terlepas dari status, pangkat, agama, negara dan RAS.

"Walalupun saya tidak mengenal mereka (Palestina) tapi mereka tetap saudara saya. Karena saudara bukan hanya yang terhubung oleh aliran darah, tapi juga rasa saling peduli," kata wanita yang akrab disapa Teh Melly itu.

Salah satu donatur, Khodijah mengatakan, sangat mendukung kegiatan SPM. Menurut dia, acara sosial seperti ini harus terus berjalan, bukan hanya untuk Palestina tapi juga orang-orang yang dianggap membutuhkan bantuan. Saat ditanya mengenai pendapatnya tentang Palestina, ibu dua orang anak ini langsung dibendung air mata.

'Prihatin' adalah kata pertama yang keluar dari mulut ibu berusia 45 tahun ini. Dia mengatakan tak dapat membayangkan jika dia dan keluarganya yang harus mengalami kejadian seperti yang dialami warga Palestina. Dia juga berharap, warga Palestina dapat diberikan ketabahan dan kekuatan untuk terus berjuang melanjutkan kehidupan.

"Tidak ada yang bisa saya lakukan. Meskipun donasi yang saya berikan tidak banyak, tapi saya harap bisa sedikit membantu penderitaan mereka (Palestina)," kata Khodijah sambil menyapu air matanya.

Saat berkunjung nanti, rombongan Sahabat Pelestina Memanggil (SPM) rencananya akan mengunjungi posko-posko pengungsian untuk memastikan agar seluruh donasi yang telah terkumpul benar-benar dapat dinikmati langsung oleh warga Palestina. Selain itu, kegiatan ini juga telah didukung oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) yang secara jelas menyatakan Masjidil Aqsa sebagai warisan milik Palestina, bukan Israel.

"SPM mengajak PBB dan seluruh masyarakat seluruh dunia untuk lebih memperhatikan para nagara-negara yang membutuhkan bantuan, khususnya Palestina," kata Direktur Utama SPM, Salim Asooba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement