Selasa 13 Feb 2018 11:54 WIB

Suku Mirs di India: Nomaden yang Hindu dan Islam

kebanyakan Mirs memiliki dua nama, satu Hindu dan satu Muslim.

Suku nomaden Gujarat 'Mirs' terjebak di tanah orang.
Foto: hindustan times
Suku nomaden Gujarat 'Mirs' terjebak di tanah orang.

REPUBLIKA.CO.ID,  seorang lelaki bernama, Vagabhai Lalabhai Mir, menuliskan namanya dengan ujung jarinya di pasir cokelat lembut di pinggiran desa di Gujarat. Dia adalah pemimpin suku Mir dan seorang tentara yang selama 16 tahun yang berpakaian ala balita dengan rasa humor. Tidak pernah sekolah, namun dia bisa membaca dan menulis bahasa Hindi, Gujarati, Arab, dan Kathiawadi. Sebuah naskah Devnagiri juga tersimpan catatannya.

Mirs buta memang huruf. Dia hanya mencatat dokumen pemerintah dengan cetakan ibu jari. Tanyakan kepadanya bagaimana dia membaca jika dia tidak pernah diajarkan Vagabhai di kepalanya. Dia melatih pikirannya untuk melakukannya. Dimana dia belajar menulis? Dia menunjuk jari ke tanah yang pasir. Vagabhai meminta anaknya untuk membawa buku itu.

The Book of the Mirs adalah kumpulan halaman yang telah dibungkus dengan hati-hati yang telah diperbarui selama berabad-abad oleh suku tersebut. Lulus dari ayah ke anak, ia menyimpan catatan tertulis tentang kelahiran dan kematian suku tersebut, dan kejadian penting dalam hidup mereka. Buku itu terbungkus plastik, untuk melindunginya dari hujan, dan lagi di kain bordir. Ini mencatat apa yang gagal dilakukan pemerintah: misalnya ketika Mirs termasuk dalam suku nominologis yang dinegosiasikan, layaknya vicharti jati seperti yang dikenal di Gujarat. Mereka punya tradisi berusia 700 tahun yang kaya dengan Hindu dan Muslim. Komisi Renke tahun 2008 memperbarui daftar suku nomaden Gujarat dengan Faqirs disebut sebagai suku Muslim.

Mirs diklasifikasikan sebagai kelas ekonomi dan sosial terbelakang. Mereka ditandai sebagai Muslim bersama dengan suku Mirasis dan Dholis. Ini tidak berarti bahwa mereka punya identitas religius dan sosial yang sejati dengan membiarkan mereka terbuka untuk kelompok penekannya. Hal inilah yang  juga dimanfaatkan oleh para pencari keuntungan dari statusnya yang  nomaden. Dan karena tidak memiliki alamat tetap, mereka tidak menerima  klaim jatah, pemesanan, dan pinjaman dari pihak manapun.

 

                                                                              *****

Seorang gembala Rabari berpakaian putih muncul di tempat peristirahatan Mir. Dia tidak akan duduk sepupunya yang paling dekat, karena dia berada di atas mereka secara marga, dan juga  mereka telah memeluk agama lain. “Mirs ada seperti jenis kelamin ketiga, tidak di sini maupun di sana,” kata Mittal Patel, atau Vicharta Samuday Samartan Manch, sebuah organisasi yang telah mengerjakan pendaftaran pemilihan.

Gujarat adalah orang pertama yang menerapkan proses integrasi bagi para tuna wisma dan pengembara pada tahun 2005. Tujuannya untuk membuat jalan bagi perubahan kebijakan nasional terhadap daftar pemilihan. Semua identitas, jatah dan kartu Aadhaar berikutnya untuk suku-suku ini dimungkinkan dicatat karena ini.

Tidak adanya sertifikat suku nomaden membuat Mirs tidak mampu untuk menetap. Mereka harus membuktikan alamat mereka untuk mendapatkan dasar-dasar, seperti bencana alam. Mereka dapat berevolusi dari sebidang tanah tempat mereka tinggal di dekat Deesa, karena mereka sering memperluas kota. Permukiman mereka, lahan yang dulu kosong, semakin terlihat sebagai perambahan. Tempat terakhir mereka adalah tugas sampai pembangun yang berada di luar ruang terbuka menjadi tempat untuk  pernikahan dan pesta.

Kaum Mirs juga rentan terhadap tekanan dari para ideolog religius - baik Hindu maupun Muslim. Kebanyakan Mirs memiliki dua nama, satu Hindu dan satu Muslim. The Book of the Mirs, yang dimulai dengan kata 'Ka'bah' yang ditulis dalam naskah Devnagiri, menelusuri sejarah mereka beberapa ratus tahun yang lalu. Ini dimulai sejak kelahiran mereka terdaftar di bawah suku Rabbi selama pemerintahan raja Solanki atau Chalukya Jayasimha Siddharaj. Dengan perkiraan sejarah, catatan itu akan merujuk keoada abad ke-11. Buku ini terus mendapat upgrade fisik oleh setiap generasi hingga membuat halamannya berantakan.

Siapa suku Mirs itu

Seorang ahli RE Enthoven pada tahun 1922 mengklasifikasikan Mirs dengan nama suku Mirasis dan Dholis. Perkiraan sensus 1901 menempatkan jumlah Mirs di 3624. Jumlah mereka sekarang 10.000 sampai 10.000 di Gujarat. Sekte Mirs disebut 'ataks'. Mirs atau seseorang tidak bisa menikahi orang lain dari ‘atak’ yang sama.

Klaim sejarah lisan Mirs lainnya adalah sebagai suku Rabaris, suku nominatif nomaden lainnya.Mereka dikucilkan oleh asosiasi dengan umat Islam. Mereka sekarang beragama Hindu dan Muslim. “Saya mempraktikkan kedua agama tersebut,’’ kata mereka.

Mirs adalah ahli sejarah Gujarat dan tahu bagaimana membaca dan menulis tanpa pelatihan formal dalam sistem sekolah. Pada bentuk pemerintah meskipun, Mereka menggunakan 'angoothachaap' atau ibu jari jejak, untuk menandatangani, Seperti Mereka diklasifikasikan sebagai buta huruf. Ini merujuk pada tulisan SR Khan dan Radhey Shyam di Encycopaediac Etnografi Muslim India. Sedangkan yang lainnya  mengklaim Mirs adalah keturunan dari suku Butt Kashmir. Sedangkan beberapa banyak pengikut lainnya telah bermigrasi ke Gujarat.

Vishwa Hindu Parisad (VHP) mengklaim bahwa mereka awalnya adalah Gandharvas, atau musisi kuil Hindu. "Mereka Tercatat untuk bermain shehenai, praktik itu terus dalam Vaishnava Bet kuil Dwaraka dimana Mirs sangat penting untuk pagi dan sore hari. Mereka juga seniman akordeon hal yang bernakna antropologi,’’ kata Profesor JJ Roy Burman, di Pusat Studi Pengecualian Sosial dan Kebijakan Inklusif , Tata Institut Ilmu Sosial, Mumbai.

Pertemuan beberapa pengaruh membuat mereka 'agama limali' mewakili puncak sinkretis unik dari Hindu dan Islam. Di wilayah lain, mereka dikenal sebagai peternak kuda Kathi. Dan dengan penguasaan bahasa Arab, Urdu, Gujarati dan Hindi, mereka puny pengaruh besar puisi dalam religius, seperti seorang rabi yang bentrok dengan pembuat film Sanjay Leela Bhansali di misportrayal Dugaan di film Ram Leela. Mereka adalah marga dominan yang nomaden di Kutch, sebuah wilayah Gujarat. Ada juga legenda yang mengatakan bahwa mereka adalah penjaga unta Parvati dewi, dan tetap merupakan suku yang sangat ortodoks.

Teluk Khambat adalah salah satu daerah pertama yang menerima pengaruh Islam melalui perdagangan. Legenda Mir mengatakan bahwa seorang pemimpin Muslim atau pedagang ingin menikahi wanita Rabari yang cantik. Raja Siddhiraj menolak mengizinkannya. Dengan kebingungan atau tipu daya, seperti yang dikatakan oleh kelompok Vagabhai, beberapa anggota klannya memakan makanan dan minum air pada sebuah pesta yang dilemparkan oleh pelamar Muslim tersebut. Pada hari-hari pembauran iru hal terlarang, karena ini adalah tugas bahwa bagian dari suku yang berpartisipasi dalam pesta tersebut telah dipertobatkan.

Suku Rabari menolak untuk menerima mereka kembalidan Raja Siddhiraj mengusir mereka dari kuil. Mirs kemudian pergi mengembara, dan menjadi juru tulis dan bait di istana raja dan sultan. Mereka menjadi penjaga silsilah Rabari, menulis di buku dengan stilus kayu yang dicelupkan ke dalam tinta. The Mirs selamat pada patronase klien mereka, dan sebagai kerajaan yang kemudian musnah, orang Mirs menjadi melekat kepada berbagai keluarga Hindu atau Muslim.

                                               ******

Pada 1990-an, VHP meyakinkan beberapa ribu orang di wilayah Kutch untuk kembali memeluk Hinduisme. Terkadang, para mullah lokal yang mampir ke Quran bersama Mirs berusaha meyakinkan mereka untuk membuang cara Hindu. Tapi bagi banyak keluarga Mirs yang sederhana seperti keluarga Vagabhai, keluarga mereka merasa nyaman dengan kepercayaan Mirnya.

Mirs mengubur orang mati mereka, disunat dan dinikahi nikaah dengan cara Islami, tapi mereka tidak mempraktekkan poligami. Mereka makan beberapa makan berdaging, tapi bukan sapi. Sebagian besar pria dan wanita merokok dengan deras. Mereka juga merayakan Muharram dan Idul Adha. “Tapi kami tidak mengorbankan kambing itu, kami meminumnya", kata mereka.

Mereka membaca juga Namaz setiap hari Jumat tapi juga melakukan upacara godhbharai dan merayakan Janmashtami dan Navratri dengan cara Hindu. Holi adalah festival besar bagi mereka. "Ketika kita mati, kita semua sama, jadi mengapa tidak membiarkan kita menjadi keduanya?" kata orang Mirs bernama Vagabhai bertanya seraya memberi isyarat untuk menunjukkan bahwa jika Anda memotong tangannya, darahnya pun akan sama.

Beberapa komunitas Hindu  tidak menyukai mereka untuk menetap di lapangan terbuka di dekat mereka. Beberapa komunitas Muslim terlalu banyak untuk bergabung di dalamnya. Maka mereka melakukan pengembaraan seara terus-menerus. Dai in berarti Mirs dibiarkan rentan terhadap kebaikan siapa pun yang mungkin mereka butuhkan pada saat itu.

Siklus nomaden tanpa henti ini dilakukan dari satu klan ke klan lain serta telah membayangi orang Mirs selama berabad-abad. Selama mereka harus memilih, mereka tetap berada di tanah tanpa pemilik. Mungkin 'agama ketiga' perlu menjadi pilihan kebijakan berlaku untuk mereka?

sumber : hindustantimes
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement