Ahad 08 Mar 2015 18:07 WIB

Jalur Sutra Bukti Penyebaran Islam Bukan Penaklukan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Dakwah islamiyah (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Dakwah islamiyah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Ketua Program Studi Timur Tengah dan Islam Program Pascasarjana Universitas Indonesia, Dr Hanief Saha Ghafur menilai Jalur Sutra memainkan peranan penting dalam dakwah Islam. "Ini yang menarik. Karena adanya interaksi tersebut, wilayah Asia Tengah dan daratan Cina malah menerima keyakinan Islam tersebut. Sedangkan di kawasan Ti mur Tengah yang telah memeluk Islam, tidak menerima keyakinan dari Cina dan hanya perdagangan," paparnya belum lama ini.

Ini terjadi, lanjut dia,  karena peran peradaban emas di tradisi Helenis-Semitik itu adalah Islam. Sehingga, dari sisi keyakinan dan spiritual, Timur Tengah sudah matang keyakinannya tentang hal-hal spiritualitas dalam hal ini monoteistik.

"Dan Jalur Sutra ini menunjukkan bahwa Islam tersebar di Asia Tengah hingga menyebar ke daratan Cina bukan karena perang. Jadi, tidak selamanya penyebaran Islam karena penaklukan, tapi ada kekuatan yang sangat signifikan dalam penyebaran Islam melalui perdagangan. Dan itu ditunjukkan dengan adanya Jalur Sutra yang penuh interaksi damai antarperadaban," paparnya.

Menurut Dr Hanief, berpapasannya dua kebudayaan besar ini, Islam-Cina, menimbulkan banyak interaksi positif. Cina banyak menerima ilmu pengetahuan dan keyakinan Islam. Tapi, Timur Tengah, khususnya Islam, juga menerima keunggulan teknologi teknis dan aplikatif dari bangsa Cina.

"Pertemuan dua ini, ilmu pengetahuan berdasarkan tradisi teoritis dan aplikatiflah yang akhirnya memberikan puncak kegemilangan peradaban dunia Islam saat itu," ucapnya.

Dr Hanief mengungkap, sejarah mencatat bagaimana bengisnya bangsa Mongolia dengan Jenghis Khan, Hulagu Khan menghancurkan peradaban Islam di Baghdad dan membunuh ribuan Muslim. Namun, ketika keturunan dan cucunya memeluk Islam, merekalah yang melakukan perjuangan untuk melakukan perluasan wilayah Islam di Asia Tengah yang kini kita kenal dengan beberapa negara, seperti Uzbekistan, Kazakhtan, Tajikistan, dan semua negara Asia Tengah yang pernah menjadi kawasan penaklukan keturunan Jenghis Khan yang memeluk Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement