Ahad 25 Nov 2018 05:05 WIB
Maulid Nabi Muhammad

Mengenang Rasulullah di Pilar-Pilar Raudhah

Untuk mengetahui keistimewaannya, pengunjung Masjid Nabawi harus mendongakkan kepala.

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Andi Nur Aminah
Penampakan Pilar Aisyah yang terletak di tengah-tengah area Raudhah. Titik itu disebut kerap dijadikan lokasi shalat sunnah Rasulullah.
Foto:
Pilar sareer, pilar Ali dan pilar wufud (dari kiri ke kanan) di Rhaudah, Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Tiang ke tiga dari arah selatan di sisi paling timur Raudhah adalah Pilar Hars. Lokasi itu pada masa Rasulullah adalah salah satu pintu masuk Masjid Nabawi yang selalu dijaga para sahabat. Dari situ aasl mula nama “Hars” yang artinya “penjagaan”. Karena Ali bin Abi Thalib RA yang paling kerap berjaga-jaga, tiang itu kini dikenal juga dengan nama Ustuwanah Ali.

Jika Rasulullah menginap di rumah Aisyah yang saat ini merupakan lokasi Makam Rasulullah, ia biasanya memasuki Masjid Nabawi dari titik tersebut. Saat ini, tiang tersebut juga merupakan tempat ditariknya kain pembatas jamaah perempuan dan lelaki di Raudhah.

Persis di sebelah utara Pilar Hars, ada Ustuwanah Wufud. Merujuk bangunan awal Masjid Nabawi, ia terletak di pojok timur laut masjid tersebut. Saat ini ia masuk sepenuhnya dalam bagian untuk perempuan di Raudhah. Rasulullah diriwayatkan kerap menerima delegasi dari suku-suku Arab pada masa lalu di lokasi tersebut, Di titik itu juga Rasulullah mengajarkan soal agama Islam kepada para utusan itu dan para sahabat.

Salah satu delegasi yang ditemui Rasulullah di Masjid Nabawi tersebut, menurut hadits yang diriwayatkan dalam Shahih Muslim, juga tercantum dalam riwayat karanngan Ibn Ishaq serta dikisahkan juga dalam Tafsir Alqurtubi, adalah utusan dari Bani Najran, komunitas Kristen yang tinggal di perbatasan Hijaz dengan Yaman.

Ibn Ishaq mengutip Muhammad bin Ja’far menuturkan, saat sedang berdialog di dalam Masjid Nabawi tersebut, masuk waktu beribadah bagi Bani Najar. Mereka kemudian meminta izin berdiri menghadap ke timur untuk berdoa. “Jangan ganggu mereka,” kata Rasulullah seperti dikutip Ibn Ishaq dan Alqurtubi.

Sedianya ada dua pilar istimewa lagi di sekitar Raudhah. Salah satunya, Ustuwanah Jibril. Di lokasi ini biasanya malaikat Jibril masuk saat mengunjungi Rasulullah di kediamannya. Pilar tersebut saat ini tak bisa dikunjungi orang awam karena terletak di dalam bangunan Makam Rasulullah.

 

Ada juga Ustuwanah Tahajud yang terletak di tengah tembok sisi utara Makam Rasulullah, di luar area Raudhah. Lokasi pilar yang kini ditutupi dengan rak buku itu diyakini sebagai tempat Rasulullah kerap melaksanakan shalat tahajud. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement