Selasa 25 Jun 2019 07:38 WIB

Dayah Insan Qurani Beri Ijazah ke 22 Santri Hafiz Alquran

Dayah Insan Qur’ani (IQ) Aceh Besar menggelar wisuda para santri, termasuk yang hafiz

Rep: Ali Yusuf/ Red: Hasanul Rizqa
Anak-anak membaca alquran.  (ilustrasI)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Anak-anak membaca alquran. (ilustrasI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dayah Insan Qur’ani (IQ) Aceh Besar menggelar Haflah Takhrij atau wisuda bagi 91 lulusan angkatan ketiga Dayah tersebut di Aula Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh, Aceh, Senin (24/6).

Dalam kesempatan ini, ada pula penyerahan syahadah kepada 22 santri IQ yang telah berhasil menyelesaikan hafalan Alquran 30 Juz.

Baca Juga

"Alhamdulillah pada tahun ini ada 22 anak-anak kami santri Dayah Insan Qur’an yang telah berhasil menyelesaikan hafalan Alquran 30 Juz," ujar pimpinan dayah Insan Qur'ani (IQ) Ustaz Muzakkir Zulkifli melalui keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (25/6).

"Kepada anak-anak kami , nasehat kami  bahwa yang paling penting bukanlah seberapa banyak Alquran yang sudah kita hafal, tapi seberapa dalam Alquran mencapai sanubari kita," sambung dia.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Aceh, HM Daud Pakeh mengungkapkan patut disyukuri atas lahirnya Insan Qur'ani di Aceh yang telah mencetak berbagai prestasi. Insan Qur'ani termasuk dayah yang telah mampu meluluskan alumni terbanyak ke Timur Tengah.

"Kita berharap insan Qur'ani menjadi terus berjaya. Pesan kepada wisudawan wisudawati, baik yang sudah khatama maupun belum, amalkan Alquran dan jangan lupa murajaah," ujarnya.

Pelaksanaan wisuda tahun ini sempat diwarnai rasa haru para orangtua/wali santri dan tamu yang hadir saat orangtua mengalungkan  kain selempang hafiz 30 juz kepada putra-putri mereka. Acara dilanjutkan dengan penyerahan syahadah oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh, didampingi pembina yayasan dan pimpinan dayah Insan Qur’ani.

Salah seorang orang tua wisudawan Khalisuddin mengaku terharu sekaligus bangga dengan pola didik yang dikembangkan IQ,  sebab hasilnya sudah terlihat nyata dan bisa dirasakan langsung. Salah satu anaknya yang merupakan satu dari 22 santri yang lulus dengan hafalan 30 juz.

"Semoga kedepan akan banyak terus para hafis yang lahir dari dayah ini, " ujar Khalisuddin, warga Aceh Tengah ini.

Dayah IQ selama ini bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Ulumul Qur'an (YPUQ) Aneuk Batee dan baru ber­jalan pada Juli 2014. Meski terbi­lang baru berdiri, dayah yang bermar­kas di Gampong Aneuk Batee, Keca­ma­tan Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar ini telah berhasil meraih berbagai prestasi, baik di Aceh maupun nasional. Sejak berdiri dayah IQ telah mencetak 49 santri hafiz Alquran 30 juz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement