Selasa 28 May 2019 14:41 WIB

Jokowi Undang Juara MTQ Internasional ke Istana

Jokowi berpesan agar Syamsuri Firdaus tetap semangat berjuang mensyiarkan Alquran.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Qari NTB Syamsuri Firdaus bersalaman dengan Erdogan
Foto: KBRI Turki
Qari NTB Syamsuri Firdaus bersalaman dengan Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang pemenang MTQ Internasional ke-7 di Turki, Syamsuri Firdaus ke Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (28/5) siang. Menurut Syamsuri, dalam pertemuan ini Jokowi pun menitipkan pesan kepadanya, salah satunya yakni agar tetap semangat berjuang mensyiarkan Alquran.

"Teman-teman yang berjuang dalam meningkatkan diri dengan Al-Quran, teman-teman yang senantiasa berinteraksi dengan Al-Quran, tetap semangat katanya, tetap semangat dan berjuang sungguh-sungguh untuk meningkatkan dan mensyiarkan Al-Quran, untuk memotivasi menginspirasi generasi penerus bangsa," ujar dia.

Ia mengaku, dalam pertemuan ini, Presiden juga memberikan hadiah berupa uang dan bingkisan kepada dirinya. Nantinya, hadiah tersebut akan digunakan untuk membiayai perjalanan ibadah haji kedua orang tuanya.

"Insya allah hadiahnya saya pergunakan untuk memberangkatkan haji kedua orangtua saya," kata dia.

Kepada Presiden, Syamsuri juga menceritakan kesannya saat mendapatkan penghargaan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Menurutnya, Presiden Turki itu sempat menyatakan kekagumannya terhadap Syamsuri yang berhasil memenangi lomba MTQ internasional ini.

"Pas saya menerima penghargaan dari Erdogan itu, sebelum dia salamin saya, dia sempat mengatakan bagaimana kau bisa belajar qori kayak gini, bagaimana suara kamu bisa tinggi kayak gini, dan lanjutnya lagi masya allah soltu ka ajib suaramu bagus," cerita dia.

Ia pun mengaku bersyukur sempat mendapatkan pelukan dan bertemu dengan Presiden Erdogan dan juga Presiden Jokowi. Menurutnya, Presiden Jokowi juga sempat menyampaikan rasa kagumnya saat mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran yang dibawakan oleh Syamsuri.

Sementara itu, pendamping Dirjen Binmas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin menyampaikan Indonesia selalu mendapatkan undangan untuk mengikuti kejuaraan MTQ Internasional. Bahkan, setiap tahunnya ada sekitar 20 negara yang mengundang Indonesia untuk ikut serta.

"Bulan lalu itu Salman Amrullah di Iran juga juara. Ikut MTQ internasional di Iran. Dan Syamsuri MTQ ke-7 juara 1," kata dia.

Untuk meningkatkan kemampuan para peserta, kata dia, Presiden Jokowi juga telah memintanya untuk melakukan pembinaan MTQ di berbagai daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement