Selasa 04 Jun 2019 17:16 WIB

Jelang Malam Takbir, Masjid Istiqlal Ramai Dikunjungi

Diperkirakan sekitar 150 ribu jamaah akan shalat Id di Istiqlal besok, Rabu (5/6).

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolanda
Ribuan jamaah Masjid Istiqlal bersiap buka puasa bersama terakhir pada Ramadhan tahun ini, Selasa, (4/6).
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Ribuan jamaah Masjid Istiqlal bersiap buka puasa bersama terakhir pada Ramadhan tahun ini, Selasa, (4/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang malam Takbir, Masjid Istiqlal, Jakarta, mulai didatangi para jamaah. Sejak pukul 15.00 WIB, masjid terbesar di Jakarta itu tampak ramai pengunjung. 

Beberapa pengunjung sengaja datang untuk membayar zakat fitrah. Ada pula yang hanya ingin shalat berjamaah lalu bersantai di sekitar masjid menunggu Takbiran. 

Tak sedikit juga yang sudah berada di Masjid Istiqlal sejak 10 malam terakhir Ramadhan. Mereka sengaja datang untuk melaksanakan itikaf. 

"Saya sudah di sini Itikaf selama 10 hari terakhir. Rencananya saya akan di sini sampai buka puasa terakhir nanti, takbiran, dan shalat Idul Fitri besok pagi," ujar jamaah asal Cinere, Jawa Barat Fajar Wijayanto, saat ditemui Republika di Masjid Istiqlal, Selasa, (4/6).

 

Ia mengaku beritikaf di Istiqlal bersama istri dan dua anaknya. "Jadi nggak masalah karena sama-sama," kata dia. 

Fajar menuturkan, tahun ini merupakan kedua kalinya beritikaf di Istiqlal bersama keluarga. Pasalnya, sudah dua tahun terakhir dirinya tidak mudik atau pulang kampung saat Lebaran. 

"Rencananya saya mudik ke Kupang habis Lebaran. Soalnya kalau sekarang, malas macetnya. Walau sudah ada tol tetap saja macet," tutur Fajar. 

Sementara itu, para pengurus Masjid Istiqlal tengah mempersiapkan segala hal untuk shalat Id. Diperkirakan sekitar 150 ribu jamaah akan shalat Id di Istiqlal besok, (5/6). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement