Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Pesan Ustaz Arifin Ilham yang Selalu Diingat Jamaah

Kamis 23 May 2019 22:38 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Esthi Maharani

Para santri dan pelayat menggotong peti jenazah Ustad Arifin Ilham untuk dimakamkan di Komplek Pondok Pesantren Az-Zikra, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5).

Para santri dan pelayat menggotong peti jenazah Ustad Arifin Ilham untuk dimakamkan di Komplek Pondok Pesantren Az-Zikra, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5).

Foto: Prayogi/Republika
Pesan Ustaz Arifin adalah selalu berzikir meski berada dalam situasi sulit sekalipun.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Gilman Heryanto (63), pria yang rajin menghadiri pengajian Ustaz Arifin Ilham di Masjid Az-Zikra di Sentul Bogor. Selama menghadiri pengajian itu, ada satu pesan yang selalu ia ingat. Ustaz Arifin Ilham menyampaikan kepada para jamaah dalam ceramahnya agar selalu berzikir meski berada dalam situasi sulit sekalipun.

"Jauhi larangan Allah SWT. Jangan lupa berzikir dalam menghadapi situasi apapun itu. Ketika hati tenang melalui zikir, maka Allah akan dekat dengan kita," kata pria asal Bogor ini, di Masjid Az-Zikra Gunung Sindur, Bogor, Kamis (23/5).

Bagi Gilman, Ustaz Arifin Ilham adalah sosok guru dan teladan. Kehidupannya pun terbilang sederhana dan semasa hidupnya sudah me-mualaf-kan banyak orang di Masjid Az-Zikra.

"Sehingga saya merasa haru, terdorong untuk mengajak orang-orang ke jalan lurus. Saya haru dengan kepergian beliau. Sejak beliau dioperasi di Penang (Malaysia) saya selalu memantau, bahkan sampai sekarang. Bahkan kalau bisa, saya ingin ikut memanggul (jenazahnya)," ujar pensiunan karyawan swasta ini.

Gilman dalam sebulan selalu menghadiri ceramah Ustaz Arifin Ilham, meski usianya tak lagi muda. Menurut dia, ada kenyamanan tersendiri saat mendengar ceramah Ustaz Arifin Ilham.

Selain itu, sejumlah warga sekitar turut berdatangan ke Pondok Pesantren Az-Zikra di Gunung Sindur, Bogor. Mereka bermaksud menyolati sekaligus mengiringi pemakaman Ustaz Arifin Ilham di area ponpes.

Salah seorang pemuda setempat, Muhamad Rizki Afandi mengatakan kehadiran Ponpes Az-Zikra yang didirikan Arifin Ilham di kampungnya, Cibadung, membawa perubahan yang luar biasa bagi masyarakat. Dia dan kawan-kawan menjadi mudah memelajari ilmu agama sejak adanya ponpes.

"Kalau malam-malam bingung mau ngapain, kita akhirnya datang aja ke ponpes. Jadi membuat kita belajar agama, yang dari enggak tahu menjadi menjadi tahu. Kita juga jadi bisa ngaji bareng, enak ada gurunya juga," katanya.

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu (22/5). Kabar meninggalnya Ustaz Arifin disampaikan putranya, Alvin lewat akun Instagramnya @alvin_411. Pimpinan Ponpes Az-zikra itu menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit GlenEagle Penang, Malaysia.

Ustaz Arifin Ilham sempat dilarikan ke ICU sejak kemarin. Arifin menjalani perawatan akibat penyakit kanker nasofaring dan getah benting stadium 4A. Kanker jenis nasofaring ini menyerang bagian rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA