Senin 29 Apr 2019 07:42 WIB

Tiga Tujuan DMI Pelopori Program Bersih-Bersih Masjid

DMI menginisiasi membersihkan 2.130 unit masjid secara serentak di Pulau Jawa

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Hasanul Rizqa
Wakil Ketua DMI, Syafruddin dan Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin membuka peresmian bersih-bersih 2.130 masjid serentak di Pulau Jawa di Masjid Al-Mabrur Asrama Haji Pondok Gede pada Ahad (28/4).
Foto: Republika/Fuji E Permana
Wakil Ketua DMI, Syafruddin dan Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin membuka peresmian bersih-bersih 2.130 masjid serentak di Pulau Jawa di Masjid Al-Mabrur Asrama Haji Pondok Gede pada Ahad (28/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut bulan suci Ramadhan, Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama bersama dengan pelbagai elemen masyarakat membersihkan 2.130 unit masjid secara serentak di Pulau Jawa, Ahad (28/4).

Ketua DMI, Andi Mapaganti menuturkan, kegiatan ini diikuti para takmir, marbot, dewan kemakmuran masjid, dan masyarakat yang berdomisili di sekitar tiap rumah ibadah sasaran. Untuk tiap masjid, ada sekitar 20 orang relawan yang bertugas membersihkannya.

Baca Juga

Pihak DMI menyampaikan, kegiatan sosial yang dipeloporinya itu memiliki tiga tujuan. Pertama, membuat jamaah kian senang dan tenang beribadah di dalam masjid. "Mereka juga akan menjadi betah berlama-lama di masjid karena masjidnya bersih," kata Andi Mapaganti kepada Republika.co.id usai peresmian program tersebut di Masjid Al-Mabrur, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Ahad (28/4).

Ia menceritakan, program ini juga ikut membersihkan fasilitas penunjang di tiap masjid, semisal toilet atau kamar mandi. Seluruhnya akan dibersihkan, sehingga menghilangkan bau dan sampah yang mengotori.

Tujuan kedua program tersebut ialah menyemarakkan kebiasaan gotong-royong. Hal itu juga dapat meningkatkan silaturrahim di tengah masyarakat, khususnya saat proses membersihkan masjid bersama-sama berlangsung. "Ini maknanya membangun persatuan dan kesatuan antara jamaah masjid," ujarnya.

Tujuan ketiga, harapannya program ini bisa meningkatkan iman dan takwa tiap warga. Sebab, kebersihan itu sebagian dari iman. Artinya, menurut Andi Mapaganti, kegiatan bersih-bersih masjid dapat pula meningkatkan iman jamaah masjid.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DMI, Syafruddin mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih masjid dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Dalam satu bulan terakhir, diperkirakan ada sekitar 20 ribu masjid yang dibersihkan dalam rangka menyambut Ramadhan. 

DMI juga menyampaikan, kegiatan bersih-bersih masjid di 2.130 masjid secara serentak pada Ahad (28/4) akan mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Penyerahan Rekor Muri tersebut dijadwalkan pada 30 April 2019 di Istana Wakil Presiden RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement