Jumat 26 Apr 2019 08:49 WIB

Inilah Beberapa Faedah Puasa

Puasa bermanfaat meningkatkan kesabaran, ketakwaan, sosial dan kesehatan.

Pimpinan Majelis Ta'lim dan Zikir Baitul Muhibbin Habib Abdurrahman Asad Al-Habsyi
Foto: Ali Yususf/Republika
Pimpinan Majelis Ta'lim dan Zikir Baitul Muhibbin Habib Abdurrahman Asad Al-Habsyi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Bulan Ramadhan 1440 H tinggal menghirung hari. Sebentar lagi kaum Muslimin berjumpa dengan bulan penuh barokah (syahrul mubarok) yang bernama Ramadhan.

Salah satu ibadah yang utama di bulan Ramadhan adalah puasa. “Ibadah puasa mempunyai banyak sekali faedah,” kata  Dr Habib Abdurrahman Al-Habsy saat mengisi pengajian guru Sekolah Bosowa Bina Insani di Masjid Al Ikhlas Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/4).

Faedah pertama, kata Abdurrahman, puasa adalah madrasah ruhani. “Puasa mendidik seseorang menjadi orang yang  sabar dan tawakal kepada Allah. Puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan mengajarkan kepada kita untuk menahan emosi,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (26/4).

Faedah kedua, kata dia, ibadah puasa itu melekatkan  ketakwaan kepada Allah SWT.

“Ketiga, puasa juga mempunyai faedah secara sosial, yakni kita diajarikan disiplin untuk memperkuat persatuan terutama dengan keluarga  dan berkumpul dengan masyarakat.  Ini efek dari ijtimaiyyah (kebersamaan),” ujarnya

Kempat, puasa juga bermanfaat untuk kesehatan. “Ibadah puasa yang kita laksanakan selama bulan Ramadhan insya Allah berdampak nyata untuk kesehatan diri kita. Rasulullah menegaskan,  ‘berpuasalah, kalian pasti sehat’,” papar Habib Abdurrahman Al Habsy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement