Senin 22 Apr 2019 19:06 WIB

Rasulullah Pernah Ditegur karena Abaikan Difabel

Dalam Alquran surah Abasa ayat 1-16, Allah menegur Nabi Muhammad

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: Wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sejarahnya, Rasulullah sendiri pernah di tegur oleh Allah karena mengabaikan orang difabel, terutama difabel netra, yaitu Abdullah bin Ummi Maktum. Dalam Alquran surah Abasa ayat 1-16, Allah menegur Nabi Muhammad karena men-gacuhkan dan memalingkan wajahnya dari Abdullah yang hendak mendapatkan pengajaran Islam dari Nabi.

Saat itu, Nabi Muhammad berbicara dengan para pembesar Quraisy dengan harapan mereka bisa memeluk Islam.

Baca Juga

"Waktu itu, Rasulullah berdiskusi, dialog dengan sahabat yang lain, kemudian datanglah Ummi Maktum. Nah, Umi Maktum itu dicuekinoleh Rasulullah.Nah, kemudian Allah menegur Rasulullah dengan turunnya ayat Abasa Watawallaitu," kata Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Sarmidi Husna

Abdullah bin Ummi Maktum termasuk sahabat Rasulullah yang pertama memeluk Islam. sahabat ini memiliki kedekatan nasab dengan istri nabi, Siti Khadijah. Ibu dari Khadijah adalah saudaranya Qays bin Zaidah, ayah dari Abdullah.

 

Abdullah memiliki kekurangan fisik berupa kebutaan. Rasulullah pernah bertanya kepadanya, Sejak kapan engkau kehilangan penglihatan? Ia menjawab, Sejak kecil. Maka Rasulullah shallal- lahu `alaihi wa sallam bersabda, Allah Tabaraka wa Ta'ala berfirman: Jika Aku mengambil penglihatan hamba-Ku, maka tidak ada balasan yang lebih pan- tas kecuali surga."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement