Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Qori' Indonesia Raih Juara II MTQ Internasional di Kuwait

Jumat 19 Apr 2019 19:15 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko

Direktur Penerangan Agama Islam Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Juraidi

Direktur Penerangan Agama Islam Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Juraidi

Foto: istimewa
Dalam MTQ tersebut, Indonesia sendiri mengirimkan dua delegasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Qori' asal Indonesia, Qadarasmadi Rasyid  berhasil meraih juara dua dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Internasional yang yang digelar di Kuwait. Lomba membaca Alquran tersebut telah berlangsung daru 9 April hingga 17 April 2019. 

"Alhamdulillah berkat doa bapak dan ibu, peserta kita yang mengikuti MTQ Internasional di Kuwait, Qadarasmadi Rasyid berhasil sebagai juara dua cabang tilawah dewasa yang diikuti 90 negara," ujar Direktur Penerangan Agama Islam Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Juraidi kepada Republika.co.id,  Jumat (19/4).

Sebagai ketua delegasi Indonesia, Juraidi sendiri telah menyambut kedatangan Qadarasmadi Rasyid di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (18/4) kemarin. Juraidi mengalungkan bunga kepada Qadarasmadi karena telah mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional. 

"Kami mengalungkan bunga setibanya di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 18.30 kemarin," ucap Juraidi.

Dia menjelaskan, banyak negara lain yang juga mendapatkan kejuaraan untuk cabang tilawah dewasa putra. Namun, Indonesia masih kalah dari qori' asal Malaysia yang meraih juara satu dalam MTQ tersebut. Sementara, juara ketiga diraih oleh qori' asal Brunei Darussalam. Juara keempat diraih oleh qori' asal Iran, dan juara kelima diraih oleh qori' asal Thailand.

Sementara, untuk cabang tahfidz 30 juz dewasa putra, Indonesia gagal meraih juara. Untuk cabang tahfidz tersebut, juara satu diraih oleh Negeria, Juara dua Algeria, juara tiga Amerika, juara empat Turki, dan juara lima diraih oleh qori' asal Libya.

Juraidi menjelaskan, dalam MTQ tingkat Internasional di Kuwait tersebut setidaknya melombakan empat kategori. Pertama, kategori Tilawah dewasa. Kedua, kategori Tahfizh 30 Juz Dewasa. Ketiga, kategori Tahfizh 30 Juz Anak-anak. Kategori keempat, yaitu Tahfizh 30 Juz dengan Qiraat Sab'ah Dewasa.

Dalam MTQ tersebut, Indonesia sendiri mengirimkan dua delegasi, yaitu Qadarasmadi Rasyid (qori') dan M. Azroi Sitoru (hafizh). Namun, meskipun tidak meraih juara, Azroi juga dikalungkan bunga oleh Kasubag TU Ditpenais Ditjen Bimas Islam Kemenag, Muchamad Nakif saat tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (18/4) kemarin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA