Minggu, 14 Ramadhan 1440 / 19 Mei 2019

Minggu, 14 Ramadhan 1440 / 19 Mei 2019

Wasathi Ajak Para Penceramah Tinggalkan Dakwah Kebencian

Senin 25 Feb 2019 08:24 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Khatib atau penceramah memberikan tausiyah. (ilustrasi)

Khatib atau penceramah memberikan tausiyah. (ilustrasi)

Foto: Antara/Irwansyah Putra
Berislam harus sesuai dengan prinsip rahmat untuk alam semesta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Wadah Silaturahim Khatib Indonesia (Wasathi) mengajak para penceramah untuk tidak menyebar kebencian lewat aktivitas dakwahnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

"Kami menolak dan melawan dengan tegas segala bentuk praktik provokasi, ujaran kebencian, fitnah, makar, kebohongan dalam aktivitas penyampaian khutbah Jumat atau dakwah," kata deklarator Wasathi, Arif Fahrudin, pada acara Deklarasi Wasathi di Jakarta, Ahad (25/2) malam. 

Baca Juga

Menurut dia, risalah Islam agar disampaikan sesuai karakter yang moderat, berkedamaian, kontekstual, dan berkomitmen untuk memadukan semangat agama dengan kebangsaan. 

Dia mengatakan berislam harus sesuai dengan prinsip rahmat untuk alam semesta, yaitu secara ramah, toleran, moderat, dan tegas dalam pluralitas suku, agama, ras, serta antargolongan.

Seiring dengan hal itu, lanjut dia, mengamalkan Islam juga harus sesuai dengan pedoman Alquran, sunah, hukum, dan perundang-undangan yang berlaku. 

"Integrasikan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan dalam setiap lini kehidupan dan lapisan masyarakat demi kehidupan nasional yang penuh kebijakan dan kerukunan," kata dia.

Arif juga mengajak umat dan masyarakat untuk secara konsisten menjadikan ulama sebagai pandu dan guru dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara. 

 

 

 

 

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA