Senin 31 Dec 2018 10:42 WIB

Warga Antusias Sambut Muhasabah Akhir Tahun Republika

Ada sejumlah layanan ditawarkan mulai dari donor darah hingga hapus tato.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gita Amanda
Peserta memadati acara Muhasabah Pergantian Tahun yang digelar Republika Jawa Barat di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Ahad (31/12).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Peserta memadati acara Muhasabah Pergantian Tahun yang digelar Republika Jawa Barat di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Ahad (31/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Harian Republika menggelar acara Muhasabah Akhir Tahun di Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jawa Barat, Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Senin (31/12). Warga antusias menyambut acara ini terutama beberapa layanan yang ditawarkan kepada masyarakat seperti hapus tato, pelayanan kesehatan dan donor darah.

Salah satu jamaah yang mengikuti layanan ini adalah Yani Intan. Ini adalah pertama kalinya Yani turut mendonorkan darahnya. "Iya, karena memang mau, tapi belum ada kesempatan," kata Yani saat ditemui Republika.co.id.

Dia menuturkan, donor darah menjadi salah satu caranya memberikan bantuan kepada sesama. Mahasiswi Universitas Brawijaya ini mengaku sengaja mencari agenda yang memiliki layanan donor darah.

"Kebetulan lagi di Bandung. Jadi sendiri ingin mendonorkan darah," terangnya.

photo
Pengunjung melakukan pemeriksaan darah oleh tim Rumah Zakat dalam rangkaian kegiatan Muhasabah Akhir Tahun bersama Republika, di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Ahad (31/12).

Sementara itu, banyak jamaah yang sengaja datang ke Pusdai untuk memeriksakan kesehatannya. Salah satunya adalah Dadang. Sambil menanti acara Muhasabah yang dimulai sore nanti, Dadang mengisi kekosongan dengan mengunjungi berbagai macam stan yang ada di Muhasabah.

"Sengaja datang untuk Muhasabah, sambil tunggu (periksa kesehatan) belok dulu," terangnya.

Dia mengakui Muhasabah Akhir Tahun ini menjadi salah satu agenda tahunan yang selalu dihadirinya bersama keluarga. "Karena memang rumah dekat sini, daripada keluyuran, kan," terangnya.

Dalam Muhasabah Akhir Tahun akan diisi dengan ceramah dan tausiyah dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung Oded M Danial, Ustaz Tengku Maulana dan Ustaz Budi Prayitno. Dalam kesempatan ini, terdapat stan dan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh jamaah sembari menunggu Muhasabah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement