Senin 05 Nov 2018 21:56 WIB

Kiai Ma'ruf: Tugas Ulama Jaga Bangsa dan Negara

Tugas ulama ada menjaga agama, menjaga umat, juga bangsa dan negara.

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah
KH Ma'ruf Amin
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
KH Ma'ruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin memberikan tausiyah dalam acara Maulid Nabi yang digelar Majelis Taklim Habib Abu Bakar Bin Hasan Al Attas di Tanah Baru, Depok, Ahad (4/11). Dalam tausiyahnya, Kiai Ma'ruf mengatakan bahwa setidaknya ada tiga hal yang menjadi tugas ulama saat ini, di antaranya menjaga bangsa dan negara.

"Jadi tugas ulama ada menjaga agama, menjaga umat, dan barangkali juga menjaga bangsa dan negara supaya tetap aman dan tertib," ujar Kiai Ma'ruf saat memberikan tausiyah dalam acara maulid nabi tersebut.

Baca Juga

Berdasarkan pantuan Republika.co.id di lokasi, setidaknya ada ribuan jamaah yang hadir dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut. Tampak hadir juga Habib Abu Bakar, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Wakapolda Jawa Barat.

Kiai Ma'ruf menuturkan, untuk mengeluarkan manusia dari kebodohan menuju cahaya memang tugas para nabi dan rasul. Namun, setelah Nabi Muhammad meninggal, maka tugas itu diwariskan kepada para ulama. "Setelah Rasulullah tidak ada nabi lagi. Tapi ada pengganti-penggantinya yaitu para ulama. Dan ulama pewaris nabi yang melanjutkan perjuangan Rasulullah," ucap Kiai Ma'ruf.

Namun, lanjut dia, para ulama juga tidak selamanya hidup, sehingga perlu regenerasi ulama. Karena, menurut dia, jika tidak ada ulama di dunia, maka manusia akan mengikuti pemimpin-pemimpin bodoh yang bisa membawa dalam kesesatan. "Karena itu, perlu penyiapan orang-orang yang alim. Ini harus terus dilanjutkan dan itu yang dikerjakan oleh para ulama kita," kata calon wakil presiden nomor urut 01 ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement