Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2020

Sabtu 22 Sep 2018 22:12 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agung Sasongko

Suasana lomba MTQ (ilustrasi)

Suasana lomba MTQ (ilustrasi)

Foto: Republika/Agung Supriyanto
kepastian siapa tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020 nanti akan diumumkan di Medan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Provinsi Sumatra Barat menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII pada 2020 mendatang. Bila benar disetujui, maka Sumbar akan melanjutkan tugas Sumatra Utara yang menjadi tuan rumah MTQ Nasional XXVII pada Oktober 2018 ini.

"Sudah siap, fasilitas, masjid, Perguruan Tinggi dan lainnya," kata Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno, saat ditemui Menteri Agama Lukman di Jakarta, Jumat (21/9) kemarin.

Irwan menyatakan, seluruh jajaran Pemprov hingga Pemda di 19 kabupaten/kota sudah sepakat untuk menjadikan Sumbar sebagai tuan rumah MTQ Nasional XXVIII, setelah terakhir kali menjadi tuan rumah pada 1983 lalu. Perihal dana, Pemprov Sumbar juga sudah menyiapkan alokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Fasilitas di Padang, Pariaman, dan Kabupaten lain bisa dipakai. Saat ini juga, stadion utama di Padang Pariaman sudah dibangun dengan dana sebesar Rp 200 miliar," katanya.

Menag Lukman Hakim Saifuddin menyambut baik datangnya Gubernur Sumbar menemuinya yang sebelumnya juga telah disambangi oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Diakui Menag Lukman, memang sudah ada empat puluh orang tuan rumah pada MTQ tahun 2020, selain Sumbar, ada Provinsi Kalteng, Kalsel, dan Riau.

Lukman menjelaskan, kepastian siapa tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020 nanti akan diumumkan pada MTQ XXVII di Medan pada bulan Oktober mendatang. Bagi daerah yang sudah siap menjadi tuan rumah, lanjutnya, bsia mengajukan diri kepada Direktorat Jenderal Bimas Islam dan Biro Umum Kementerian Agama.

"Untuk tuan rumah MTQ 2020, sudah mengajukan, Provinsi Kalbar, Kalsel dan Sumsel. Mekanismenya sudah ada tim yang melakukan verifikasi terhadap provinsi untuk tuan rumah MTQ XXVIII," katanya.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin menambahkan, bahwa setelah silaturahim Wagub Sumbar pada bulan Juli lalu, tim Ditjen Bimas Islam sudah memverifikasi kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah. Namun, selain Sumbar, lanjut M Amin, Provinsi Kalsel dan Sumbar yang sudah siap, sementara Provinsi Kalteng dan Sumsel baru dalam tahap pengajuan.

"Provinsi Sumbar, kami sudah melihat lokasi, Perguruan Tinggi, siap semua, dan keseriusan tim panitia, Pronvinsi Sumbar siap menjadi tuan rumah," kata Muhammadiyah Amin yang didampingi Karo Umum Syafrizal dan Direktur Penais Khoiruddin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA