Rabu 12 Sep 2018 07:40 WIB

Ustaz Felix Siauw: Islam Utamakan Kedamaian

Kekuatan bisa jadi ada pada kelembutan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ustaz Felix Siauw.
Foto: Mahmud Muhyidin
Ustaz Felix Siauw.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ar-Rahman Qur'an Learning (AQL) Islamic Center menggelar milad ke-10 dengan mengusung tema "Peace is Power". Ustaz Felix Siauw berpandangan peace is power adalah sebuah pesan yang sangat penting.

 

Ustaz Felix mengatakan, asal kata Islam adalah aslama artinya salam atau sebuah hal yang bersifat mendamaikan. "Jadi Islam adalah agama yang ketika orang berada di dalamnya akan mengutamakan kedamaian, kedamaian dirinya, kedamaian ketika dia bertindak dengan orang lain," kata Ustaz Felix kepada Republika.co.id di Balai Kartini, Selasa (12/9).

 

Ia menerangkan, Rasulullah memandang orang Islam sebagai Al-Muslimu man salima al-muslimuuna min lisaanihi wa yadihi, yakni orang-orang yang menyelematkan dan mendamaikan orang lain dengan lisan atau tangannya.  Menurutnya, kedamaian akan menghasilkan sebuah kekuatan. Tapi selama ini orang mengira menunjukan kekuatan harus dengan kekerasan misalnya dengan memukul.

Sebenarnya, kekuatan bisa jadi ada pada kelembutan seperti yang dijelaskan dalam Alquran. Ketika nabi-nabi diminta untuk berdakwah, mereka diminta berdakwah dengan damai. "Dengan kedamaian itu mereka mendapatkan sebuah kekuatan, kapan kekuatan dipakai? Nanti kalau sudah ada peace menjadi power nanti pada satu hal yang lain power bisa menjadi peace tapi kalau benar caranya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement