Senin 20 Aug 2018 23:17 WIB

Pengurus DKM Dilatih Tata Cara Penyembelihan Kurban

Mereka juga dibekali pemahaman untuk menjaga kesejahteraan hewan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Seorang tukang sembelih hewan menunjukkan cara menyembelih hewan sapi yang akan dikurbankan
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Seorang tukang sembelih hewan menunjukkan cara menyembelih hewan sapi yang akan dikurbankan

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya melaksanakan penyuluhan tata cara penyembelihan hewan kurban pada pengurus dewan kemakmuran masjid (DKM) se-Kota Tasikmalaya, Senin (20/8). Diharapkan penyuluhan bisa melatih penyembelihan sesuai kriteria agama dan kesehatan.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Zulyaden menyampaikan penyuluhan penting diketahui supaya para pengurus masjid yang menyembelih kurban bisa memperhatikan tata cara penyembelihan yang baik dan benar. "Kami berikan informasi tentang bagaimana caranya menyembelih hewan kurban dengan baik dan benar. Prosesnya harus dilakukan tahapan demi tahapan dari sebelum hingga setelah penyembelihan," katanya pada wartawan, Senin (20/8).

Baca: Pemkot Malang Periksa Kesehatan Ribuan Hewan Kurban

Tak hanya tata cara penyembelihan, mereka juga dibekali pemahaman untuk menjaga kesejahteraan hewan. Penjagaan kesejahteraan hewan penting diperhatikan supaya perilaku mereka mampu dikendalikan ketika proses penyembelihan.

"Selain itu kami juga berikan pemahaman tentang tingkat kecukupan usia hewan. Jangan sampai yang jadi standar itu ukuran besar badannya saja. Usia hewannya juga harus diperhatikan agar sesuai syarat kurban," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement