Ahad 01 Apr 2018 20:40 WIB

Tabligh Akbar Masjid Salman ITB: Gaungkan Persatuan Umat

Tabligh Akbar ini kerjasama Masjid Salman ITB dan Rumah Amal Salman.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Agung Sasongko
Ustaz Abdul Somad berceramah Masjid Salman ITB, Kota Bandung, Ahad (1/4).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ustaz Abdul Somad berceramah Masjid Salman ITB, Kota Bandung, Ahad (1/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Salman ITB menggelar Tabligh Akbar pada Ahad (1/4). Salah satu rangkaian acaranya ialah safari dakwah Ustaz Abdul Shomad bertemakan Teknologi untuk Indonesia.

Tabligh Akbar inu terselenggara atas kerjasama Masjid Salman ITB dan Rumah Amal Salman. Acara ini merupakan ikhtiar Masjid Salman dalam menggaungkan persatuan umat Islam, demi kedaulatan teknologi Tanah Air.

photo
Ustaz Abdul Somad berceramah Masjid Salman ITB, Kota Bandung, Ahad (1/4).

"Ustadz Abdul Somad adalah dai yang menyeru persatuan dan pemicu semangat membentuk peradaban. Maka dari itu, mengundang beliau mengisi kajian menjadi sangat relevan dengan visi Salman sebagai Pusat Peradaban," ungkap Ketua Umum Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman ITB, Prof. Dr. Ir. Suwarno, MT.

Sebagai masjid kaderisasi teknokrat dan intelektual Muslim, kedatangan Ustaz Abdul Somad diharapkan dapat menjadi momentum persatuan tersendiri bagi kalangan tersebut. Persatuan di antara kalangan teknokrat dan cendekiawan Muslim, merupakan salah satu jalan menuju Indonesia yang berjaya secara penuh.

"Ulama bersatu, pengusaha bersatu, politisi bersatu. Teknokrat juga perlu persatuan. Dengan persatuan mereka, Indonesia bisa menjadi negara yang mandiri, Tuan Rumah di negara sendiri,"kata Direktur Program Rumah Amal Salman, M. Kamal Muzakki.

Tak hanya ajang dakwah. Event ini pun berfungsi sebagai ajang kaderisasi bagi aktivis kampus dan masjid, untuk berkontribusi dalam perjuangan dakwah demi kemajuan bangsa. Hampir 200 orang panitia yang terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, karyawan, sampai profesional, bahu-membahu mewujudkan terlaksananya Tabligh Akbar ini.

photo
Ustaz Abdul Somad berceramah Masjid Salman ITB, Kota Bandung, Ahad (1/4).

Ketua Panitia Tabligh Akbar Bayu P. Alam yang mengungkapkan, bahwa ajang ini merupakan kesempatan bagi Masjid Salman untuk menggaungkan semangat persatuan. Khususnya, di kalangan pemuda dan aktivis kampus.

Ustaz Abdul Somad sendiri merupakan ulama yang dikenal mengupas persoalan agama dengan tajam dan lugas. Namanya mencuat ke publik, karena video-video ceramahnya yang diunggah ke dunia maya, hinggga ia mendapat gelar Dai Sejuta Viewer. Banyak masyarakat yang menyukai ceramahnya karena kedalaman pengetahuannya dalam ilmu agama Islam.

Dalam kesempatan ini, Ustadz Abdul Somad akan didampingi oleh Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc., Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG). Guru Besar Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB tersebut merupakan salah satu teknokrat ITB yang kerap mengisi khutbah di Masjid Salman. Tahun 2017 lalu, Hasanuddin didapuk menjadi Khatib Shalat Idul Fitri, dengan khutbah bertajuk Peningkatan Ketakwaan Sosial untuk Penguatan Ketahanan Nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement