Senin, 15 Ramadhan 1440 / 20 Mei 2019

Senin, 15 Ramadhan 1440 / 20 Mei 2019

Jamaah Haul Ulama Kalsel Diperkirakan 1 Juta Orang

Rabu 14 Mar 2018 15:54 WIB

Red: Agus Yulianto

KH Muhammad Zaini Abdul Ghani.

KH Muhammad Zaini Abdul Ghani.

Foto: Blogspot.com
Haul ulama Al-Arif Billah Syech Zaini Abdul Ghani itu dilaksanakan Ahad (25/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MARTAPURA -- Jumlah jamaah haul (peringatan wafatnya) ulama besar Kalimantan Selatan KH Zaini Abdul Ghani ke-13 diperkirakan mencapai 1 juta lebih. Mereka berasal dari berbagai daerah baik Kalsel maupun luar pulau.

Bupati Banjar Khalilurrahman mengimbau, seluruh masyarakat Kabupaten Banjar menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan haul abah Guru Sekumpul itu.

"Jamaahnya sangat banyak sehingga kita harus bisa menjadi tuan rumah yang baik dan ramah, apalagi jamaah tidak hanya dari luar Kalsel, tetapi juga dari luar negeri," ujarnya.

Khalilurrahman mengatakan, pelaksanaan haul ulama yang mendapat gelar Al-Arif Billah Syech Zaini Abdul Ghani itu dilaksanakan Ahad (25/3), tetapi persiapan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Disebutkan, persiapan itu dilakukan karena perkiraan jumlah jamaah yang semakin tahun semakin banyak sehingga memerlukan persiapan yang matang dan terencana di seluruh sektor.

"Persiapan dilakukan menyeluruh baik pengaturan jamaah, arus lalu lintas dan lokasi parkir kendaraan hingga persiapan lainnya yang melibatkan berbagai pihak terkait," ungkapnya.

Dijelaskan, persiapan juga sudah dilakukan Pemkab Banjar melibatkan panitia haul, personel TNI/Polri serta masyarakat yang membantu suka rela demi kelancaran acara. Panitia juga mendirikan puluhan posko bagi jamaah haul disamping persiapan konsumsi atau makanan bagi jamaah dengan memotong puluhan ekor sapi sumbangan dari berbagai pihak.

Khusus demi kelancaran arus lalu lintas, jajaran Polres Banjar dan Dinas Perhubungan menyebar peta jalur masuk dan keluar jamaah yang akan berpusat di Langgar Ar Raudhah, Jalan Sekumpul. "Kami mengimbau pedagang tidak berjualan di bahu jalan sehingga bisa memperlancar arus lalu lintas dan warga yang menyewakan rumah, harganya jangan berlebihan," pesan bupati.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Banjar, Farid Soufian mengatakan, pihaknya menyosialisasikan haul Guru Sekumpul baik jalur masuk dan jalur keluar kepada masyarakat. "Sosialisasi melalui media cetak dan elektronik. Kami juga menginformasikan tentang posko-posko dan tempat-tempat yang bisa menjadi persinggahan jamaah haul," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA