Ahad 25 Feb 2018 15:21 WIB

Dakwah Ustaz Arifin Ilham Tembus 512 Kabupaten/Kota

Ustaz Arifin berdakwah sejak usia 16 tahun, tahun 1986.

Ustaz Muhammad Arifin Ilham baru mendarat di salah satu kota tujuan dakwahnya.
Foto: Dok Azzikra
Ustaz Muhammad Arifin Ilham baru mendarat di salah satu kota tujuan dakwahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Sudah lebih 30 tahun Ustaz Muhammad Arifin Ilham berdakwah. Pimpinan Majelis Az-Zikra Bogor itu aktif menyampaikan dakwah Islamiyah sejak tahun 1986, saat usianya 16 tahun. “Saat itu Arifin masih sekolah di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Asy-Syafiiyah Jakarta,” kata Ustaz Arifin Ilham kepada Republika.co.id, Ahad (25/2).

Kini, di usia dakwahnya yang mencapai lebih tiga dasawarsa, Arifin sudah menjelajahi hampir seluruh kabupaten/kota di Indonesia. “Subhanallah walhamdulillah, ustaz kampung ini di usianya 48 tahun dan menjadi seorang kakek telah menempuh safari dakwah 512 kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” kata Arifin yang sering membahasakan dirinya sebagai ‘ustaz kampung’.

Ustaz Arifin dikenal sebagai da’i yang dakwahnya menggabungkan zikir dan tausiyah. Ceramah-ceramahnya selalu menyejukkan hati, terutama mengajak kaum Muslimin untuk selalu menghidupkan tujuh sunnah Rasulullah SAW.

“Ayo, ikhwah fillah, kita berlomba-lomba menghidupkan tujuh sunnah Rasulullah SAW, yakni shalat fardhu lima waktu berjamaah di masjid, qiyamullail, shalat sunnah Dhuha, puasa Senin-Kamis, tadabbrur Quran, menjaga wudhu dan rajin bersedekah,” tuturnya dalam berbagai kesempatan.

 

Ustaz Arifin Ilham selalu berupaya menjaga wudhu di mana pun ia berada. Terkait shalat Dhuha, ia melakukannya di mana pun berada. Termasuk di bandara sekalipun.

Ia pun orang yang selalu mendawamkan tadarus/tadabur Quran. “Setiap surat di dalam Alquran adalah vitamin,” ujar Arifin.

Ustadz Arifin sangat menghormati para ulama. Ia pun kerap kali memanggungkan ustaz-ustaz muda, dan mengambil peran penting dalam memediatori ulama dan pemerintah pada saat-saat hubungan ulama dan umara itu mengalami ketegangan.

Dakwah santun dan lembut, bukam berarti Ustaz Arifin tidak berani bersikap tegas. Pada saatnya dibutuhkan, Ustaz Arifin berdiri di barisan paling depan membela apa yang diyakininya sebagai kebenaran dalam rangka membela Islam. Misalnya saat aksi bela Bela Umat Islam yang dikenal dengan nama Aksi 411 (4 November 2016) dan Aksi 212 (2 Desember 2016).

Dakwah Ustaz Arifin tidak hanya melalui ceramah dan zikir secara langsung di hadapan audiens. Ia pun aktif berdakwah melalui televisi, rekaman, media sosial,  dan media cetak, antara lain Harian Republika. Ustaz Arifin Ilham rutin menulis artikel Hikmah tiap hari Jumat, dua minggu sekali, di Harian Republika.

Ia mengembangkan Pondok Pesantren Az-Zikra di Sentul dan Gunung Sindur, Bogor. Ia juga mendirikan rumah asuh untuk  yatim piatu.

Semoga Allah SWT mengaruniakan umur yang panjang dan berkah kepada Ustaz Muhammad Arifin Ilham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement