Sabtu 03 Feb 2018 15:19 WIB

Ustaz Somad: Yang Benci Ulama Itu Orang Gila

Ustaz Abdul Somad mengomentari kasus penganiayaan terhadap ulama yang terjadi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Bayu Hermawan
Ustaz Abdul Somad saat menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta, Jumat (2/2).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustaz Abdul Somad saat menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta, Jumat (2/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Abdul Somad mengomentari kasus penganiayaan terhadap ulama yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan dalam salah satu kasus, Ustaz Prawoto (40) meninggal dunia akibat dianiaya oleh pelaku yang diduga mengidap gangguan jiwa.

"Ternyata yang benci ulama itu orang gila," kata Ustaz Somad diikuti jamaah Masjid Raya Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/2).

Pandangan dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau itu diamini oleh jamaah yang hadir. Ia mengatakan kasus caci maki terhadap ulama adalah hal biasa.

Namun, ia mengingatkan, salah satu sifat ulama, yakni hanya takut pada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW tak meninggalkan emas, istana, berlian pada sahabat dan umatnya. Rasulullah SAW hanya mewariskan alim ulama pada umatnya.

Komando Brigade PP Persis, Ustaz Prawoto meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit akibat dianiaya seorang pria pada Kamis (2/1) pagi. Kabar itu telah diumumkan oleh Pimpinan Wilayah Persis Jabar dalam laman Facebook mereka.

Berdasarkan pernyataan dari Humas Brigade Persis Komando Pusat, pelaku berinisial AM melakukan pemukulan terhadap korban dengan menggunakan linggis. Dugaan sementara, pelaku mendapat gangguan jiwa dan saat ini tengah diperiksa kondisinya di Rumah Sakit Jiwa serta masih didampingi pihak kepolisian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement