Jumat 08 Dec 2017 15:23 WIB

Menag dan Umat Islam Baca Qunut Nazilah di Masjid Istiqlal

Menag Lukman Hakim Saifuddin
Foto: dok. Kemenag.go.id
Menag Lukman Hakim Saifuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Mengenakan sorban khas Palestina, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama umat Islam membaca qunut nazilah di Masjid Istiqlal, Jumat (8/12). Qunut nazilah dikumandangkan saat shalat Jumat bersama ribuan umat Islam, tampil sebagai khatib shalat Jumat Prof Dr Habib Ahmad bin Abdullah Al Kaff.

“Alhamdulillah kita baru saja membacakan qunut nazilah bersama umat Islam di Masjid Istiqlal, sebelumnya Saya mengimbau kepada seluruh umat Islam, khususnya ketika menyelenggarakan shalat Jumat juga bisa ikut membantu menyelesaikan persoalan di Timur Tengah khususnya di Palestina ini dengan doa qunut nazilah,” ujar Lukman usai shalat Jumat.

“Dan saya sengaja mengenakan sorban khas Palestina, untuk menunjukkan simbol bahwa mudah-mudahan permasalahan di Yerusalem segera selesai,” katanya.

 

Sebelumnya, usai mendampingi Presiden Joko Widodo menyampaikan sikap Pemerintah Indonesia terhadap pengakuan sepihak AS di Istana Bogor, Kamis (7/12), Menag mengimbau umat beragama untuk memanjatkan doa agar pengakuan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan Jerusalem sebagai Ibukota Isreal dianulir.

Menurut Menag, pengakuan sepihak itu sangat disesalkan dan Indonesia menolak tegas setiap upaya pengingkaran atas kesepakatan perdamaian. “Amerika mestinya sadar bahwa memindahkan ibukota Israel ke Yerusalem akan menciptakan konflik kian meluas. Kebijakan itu mengusik kedamaian dunia. Setiap umat beragama wajib menolaknya,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement