Jumat 08 Dec 2017 09:21 WIB
Indahnya Subuh Berjamaah di Masjid Agung Sungailiat

Gubernur Azan, Bupati Iqamah, dan Ustaz Somad Tausiyah

Rep: Mabruroh/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Babel Erzaldi Rosman
Foto: dok. Humas Pemprov Babel
Gubernur Babel Erzaldi Rosman

REPUBLIKA.CO.ID, Azan Subuh berkumandang di langit Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (7/12). Subuh itu Masjid Agung Sungailiat bahkan dipenuhi oleh ribuan Muslim yang berbondong-bondong untuk melaksanakan shalat berjamaah.

"Sejujurnya Subuh tadi di Masjid Agung Sungailiat sangatlah indah," ujar Ma'ruf HMS, salah seorang tokoh masyarakat dari Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Kamis (7/12).

Seperti disampaikan Ma'ruf dalam akun Twitter-nya,  awalnya tidak tahu siapa yang mengumandangkan azan Subuh itu yang terdengar merdu, tapi tegas mengajak masyarakat untuk menunaikan ibadah shalat Subuh. Namun siapa sangka, pemilik suara indah nan tegas tersebut ternyata milik Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Roesman Djohan.

"Ternyata muazin yang melafazkan azan tersebut adalah Gubernur, suaranya khas dan tegas membangkitkan semangat untuk bersegera bersiap menunaikan shalat Subuh berjamaah," cerita Ma'ruf.

 

Tidak berhenti di sana, kejutan pun datang saat Bupati Kabupaten Bangka, Tarmizi H Saat yang melantunkan iqamah Subuh. Ma`ruf tidak menyangka, Subuh tadi menjadi hari yang indah dua orang penting turut hadir di Masjid Agung tersebut.

"Momen ini merupakan kejadian yang luar biasa dan saya yakin mempunyai makna tersendiri di hati rakyat. Semoga ini pertanda baik bagi rakyat Bangka Belitung. Barakallah tercurah bagi kita semua. Amin Ya Rabbal Alamiin," kata dia.

Ma`ruf menyatakan, jika barisan jamaah Subuh pagi itu sangat menakjubkan dan menggetarkan hati. Belum pernah, ujarnya, ada momen seperti ini, di mana ribuan umat Islam hadir shalat Subuh berjamaah bahkan sampai rela shalat di halaman masjid. "Alhamdulillah betapa indahya Subuh berjamaah di Masjid Agung Sungailiat, pagi tadi," ungkapnya.

Gubernur Bangka, Roesman menyatakan, jika pagi tadi Masjid Agung Sungailiat kedatangan Ustaz Abdul Somad. Ustaz yang kental dengan logat melayunya itu hadir untuk memberikan tausiyah kepada para jamaah usai shalat Subuh.

Kehadiran Ustaz Abdul Somad ke Bangka ini bisa dijadikan kebangkitan kebersamaan umat Islam dalam membangun ukhuwah Islamiyah. "Melalui kebangkitan ukhuwah ini akan mampu menjadi tebaran energi positif kebangkitan ekonomi, sosial dan spiritual masyarakat Bangka Belitung. Semoga Babel berkah," ujar Gubernur Babel Erzaldi Roesman.

Pada kesempatan yang sama, Ustaz Abdul Somad pun menyampaikan pujiannya. Belum pernah, kata Somad, sepanjang memberikan tausiyah dari kota ke kota, orang-orang penting kota tersebut turut hadir.

"Saya seumur-umur berkeliling daerah untuk ceramah, baru di Provinsi Bangka Belitung yang pada saat shalat Subuh inilah Bupatinya iqamah dan Gubernurnya azan, luar biasa, saya sampai ndak berani jadi imam," puji Ustaz Abdul Somad saat memberikan tausyiah.

Ustaz Somad juga bersyukur jamaah shalat Subuh di Masjid Agung begitu ramai. Meramaikan Subuh, menurut Somad, laiknya shalat bersama Nabi Muhammad SAW. "Kalau ramai begini dan kita istiqamah layaklah kita bersama Nabi Muhammad SAW," ucap Abdul Somad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement