Selasa 05 Dec 2017 21:48 WIB

Pembangunan Pesantren di Amerika Dilakukan Bertahap

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Imam Shamsi Ali
Foto: AP/Seth Wenig
Imam Shamsi Ali

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Presiden Nusantara Foundation dan mantan Imam Besar Masjid New York, Imam Shamsi Ali akan membangun pesantren pertama di Amerika Serikat (AS) di negara bagian Connecticut dekat Kota New York, AS. Pembangunan pondok pesantren akan dilakukan secara bertahap berdasarkan pendanaan yang tersedia dan prioritas gedung atau fasilitas yang diperlukan.

"Jangka pendek, setahun ke depan dengan merenovasi gedung-gedung yang ada. Kegiatan pondok juga masih bersifat non permanent, belum full time," kata Imam Shamsi melalui keterangan tertulis kepada Republika, Selasa (5/12).

Ia menerangkan, jangka menengah, dua sampai tiga tahun ke depan pembangunan masjid, asrama dan pemondokan. Insya Allah semoga pada tahap ini izin operasi pesantren full time telah keluar.

Ia melanjutkan, jangka panjang, empat sampai lima tahun ke depan akan dimulai pembangunan rumah-rumah tradisional kedaerahan. Rumah-rumah ini akan menjadi guest house bagi pengunjung yang datang ke kota yang memang menjadi destinasi turis ini.

"Tujuan dari rumah-rumah tradisional kedaerahan ini, selain aspek ekonomi, juga bertujuan untuk mempromosikan Indonesia dengan kekayaan budaya maupun kekayaan hasil karya dan buminya," ujarnya.

Imam Shamsi berpandangan, proyek pembangunan pesantren di AS adalah proyek besar. Sebab, tidak saja karena dana yang diperlukan besar, tapi juga akan menjadi catatan sejarah perjalanan dakwah di Amerika. Juga sebagai kontribusi nyata bangsa Indonesia.

"Saya yakin, Indonesia memiliki tanggung jawab moral bahkan tanggung jawab kebangsaan untuk mengambil bagian dalam merespon kepada kesalahpahaman terhadap Islam di dunia barat, dan di Amerika khususnya. Pesantren adalah trade mark dakwah dan pendidikan Islam di Indonesia," terangnya.

(Baca juga: Jihad Pesantren Berbasis Literasi untuk Tangkal Radikalisme)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement