Selasa 19 Sep 2017 16:43 WIB

Menjaga Lisan

Rep: mgrol98/berbagai sumber/ Red: Agung Sasongko
Berbuat ikhlas agar umat Islam tidak menjadi umat penyembah berhala. (ilustrasi)
Foto: www.moslemsubang.wordpress.com
Berbuat ikhlas agar umat Islam tidak menjadi umat penyembah berhala. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah pepatah Arab menyatakan,” lisan dapat menembus apa yang tidak dapat ditembus jarum”. Pepatah ini mengingatkan keselamatan manusia tergantung pada pemeliharaan lisan. Pepatah tersebut secara substansial sejurus dengan hadis Nabi.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Setiap ucapan Bani Adam membahayakan dirinya, kecuali kata-kata berupa amar makruf dan nahi mungkar serta berzikir kepada Allah.” (HR Turmuzi).

Hadis ini menunjukkan rentannya penggunaan lisan oleh seseorang. Singkatnya, lisan yang berkata kotor cenderung menyudutkan, merendahkan, menghina, apalagi memfitnah, dan mengadu domba akan mencelakakan.

Bahkan, pada taraf tertentu, orang itu tidak dapat dikatakan beriman. Rasulullah bersabda, “Yang disebut Muslim adalah orang yang lisan dan perbuatan tangannya membuat orang lain aman dan selamat.” (HR Muslim).

Menjaga lisan juga menjadi salah satu amalan untuk  masuk surga. Seperti sabda Rasulullah SAW ketika ditanya seseorang, dia berkata, “Ya Rasulullah katakanlah kepadaku amalan yang membuatku masuk surge.” Rasul menjawab, “Berilah makan orang yang lapar, Berilah minum orang yang haus, Suruhlah kepada yang ma’ruf (Baik), dan cegahlah dari yang mungkar.  Jika kamu tidak bisa maka jagalah lisanmu kecuali dalam kebaikan” (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Baihaqi, dan Daruquthni).

Yang paling baik adalah diam untuk menjaga lisan kita. Sebagian ulama mengatakan : “Diam itu adalah hikmah, akan tetapi sedikit yang melakukannya”. Jadi diamlah, hindarkan kata-kata yang tidak berguna yang dapat menyakiti diri sendiri apalagi orang lain.

Alangkah baiknya jika kita menggunkan lisan kita untuk banyak berdzikir kepada Allah SWT. Hiaslah lisan kita dengan ayat Alquran, mengatakan hal kebaikan, dan lain sebgainya yang dapat mendatangkan kebaikan bagi kita maupun orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement