Ahad 04 Jun 2017 17:21 WIB

Menjemput Pintu Tobat

Ramadhan
Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan 1438 Hijriyah sudah tiba. Di Indonesia, mayoritas umat Islam mulai melaksanakan ibadah puasa sejak 27 Mei 2017. Masjid-masjid pun mulai ramai oleh jamaah sepanjang waktu, terutama menjelang berbuka puasa.

Ramadhan disebut-sebut sebagai bulan terbaik di antara bulan lainnya. Pada bulan tersebut terdapat banyak keutamaan yang diturunkan oleh Allah SWT bagi umat-Nya. Allah juga membuka pintu ampunan selebar-lebarnya kepada mereka yang sungguh-sungguh melakukan pertobatan.

Ustaz Subhan Bawazier mengajak umat Islam agar memanfaatkan kesempatan di bulan Ramadhan menjemput pintu tobat. Menurut Ustaz Subhan, tobat tidak terbatas oleh usia. Sebab itu, sejak usia muda harus diperbanyak bertobat. "Rahmat yang kita rasakan (pada bulan ramadhan) bisa nggak dikemas menjemput tobat sebelum terlambat?" ujar Ustaz Subhan, dalam kajian ramadhan, di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad (28/5).

Ustaz Subhan menegaskan, bertobat tidak menunggu usia tua. Di usia muda merupakan masa yang layak untuk menjemput pintu tobat, terlebih pada bulan Ramadhan. Kendati demikian, Ustaz Subhan mengatakan, yang paling sulit yaitu mempertahankan tobat. Menurut dia, ulama memberikan nasehat tentang menjemput tobat antara lain dengan meyakini bahwa Allah SWT Mahamelihat. Dengan begitu, umat akan lebih berhati-hati jika akan berbuat kemungkaran.

Ustaz Subhan mengajak umat menjadi orang yang ihsan. Ihsan, kata dia, adalah orang patuh terhadap perintah Allah dan selalu berbuat kebenaran. Kemudian, Ihsan juga orang sabar dalam menjalankan ibadah serta khusyuk, gemar bersedekah dan berpuasa. "Allah menciptakan (manusia) untuk bersandar kepada Allah. Bangkitkan kesadaran di momen Ramadhan," kata Ustaz Subhan.

Cara menjemput tobat selanjutnya, yaitu dengan mengingat keagungan Allah SWT. Itu artinya, umat Islam agar selalu mengingat kepada penciptanya. Dengan begitu, ustaz Subhan meyakini akan banyak nikmat yang didapatkan dari Ramadhan. Ustaz Subhan menyerukan supaya umat Islam meraih kesempatan dibukanya pintu tobat oleh Allah. Selain itu, dibukanya pintu surga pada bulan ini agar berbondong-bondong meraihnya.

.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement