Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Ini Tantangan Menjadi Mahasiswa UPTQ UINSA

Kamis 24 Nov 2016 17:46 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Agung Sasongko

Alquran

Alquran

Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Tahfidhul Quran (UPTQ) UINSA, Husni Mubaroq, mengatakan, mahasiswa yang hafal Alquran memiliki beban psikologis dan beban moral lebih besar. Tidak hanya setiap hari mengikuti perkuliahan tapi di sela-sela itu mereka mengikuti kegiatan tahfiz Alquran.

"Proses belajar di UPTQ, dalam satu pekan, terdapat setoran wajib pada Senin dan Rabu di masjid kampus dan setoran tambahan setiap hari," kata dia, Kamis (24/11).

Selain kegiatan hafalan Alquran, di UPTQ juga terdapat kegiatan lain seperti kajian tafsir, kajian hadist, kajian qiroah sab'ah atau baca Alquran dengan tujuh riwayat, karya tulis Alquran, public speaking, diklat organisasi, dan lain-lain. Juga ada kegiatan tadarus keliling dari kota ke kota, ke rumah anggota atau ke rumah orang yang mengundang untuk tadarusan.

Salah satu mahasiswa yang telah diwisuda hafiz pada periode pertama, Muhammad Imam Bastomi, mengaku menghafal Alquran 30 juz dalam waktu 2,5 tahun. Sebelum masuk UINSA, ia telah memiliki hafalan beberapa juz. Kemudian saat semester III, ia mengikuti prosesi wisuda karena sudah hafal 30 juz.

Ia mengaku, motivasinya menghafal Alquran untuk membanggakan orangtuanya. Meskipun ia juga menemui kesulitan dalam menghafal Alquran karena harus membagu waktu antara kuliah dan menghafal Alquran. "Caranya membagi waktu, saya hafalan kalau malam hari dan diulang-ulang terus waktu di kendaraan," ucap mahasiswa Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI angkatan 2014 tersebut.

Saat setoran hafalan, ia mengaku menyetor satu halaman dan mengulang kembali hafalan lima halaman terakhir. Setoran hafalan dilakukan saat sore setelah kuliah. Ia berharap teman-temannya yang masih berproses menghafal Alquran agar lebih semangat, lebih bisa membagi waktu dan memiliki niat untuk membanggakan orangtua.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA