Senin 19 Sep 2016 12:54 WIB

Hidayat Nur Wahid: Gontor Hadirkan Pendidikan Berkualitas

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Damanhuri Zuhri
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.
Foto: mpr
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

REPUBLIKA.CO.ID, PONOROGO -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan, Pondok Modern Gontor memberi banyak kontribusi kepada bangsa. Contohnya dalam sistem pendidikan, yang dilakukan tidak hanya full day school, namun juga full night school yang ternyata menghadirkan pendidikan yang berkualitas.

''Dalam hal inilah Gontor bisa menyumbangkan sumber daya manusia yang ikut membangun bangsa dalam beragam bidang,'' kata Hidayat, saat menghadiri acara puncak 90 Tahun Pondok Modern Gontor, di Ponorogo, Jawa Timur, Senin (19/9).

Hidayat menyebut, Cendekiawan seperti Nurcholish Madjid, mantan Ketua Muhammadiyah Din Syamsuddin, mantan Ketua NU Hasyim Muzadi, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, dan Ketua MPR tahun 1960-an Idham Chalid adalah contoh dari suksesnya pendidikan di Gontor.

Gontor dan alumninya, lanjut dia, mampu menyebarkan Islam dengan berbagai corak, moderat, ahlus sunnah waljamaah, dan sebagainya. Dari sinilah Gontor bisa diterima masyarakat secara luar biasa. Sehingga Gontor memiliki 20 cabang di seluruh Indonesia dan alumninya ribuan.

Jenjang pendidikan di Gontor juga berkembang dari TK hingga S3. "Ini sumbangsih yang membuktikan sistem pendidikan pesantren tetap bisa dijaga, dikembangkan, dan memberi andil dalam peningkatan sumber daya manusia," ujar Hidayat yang juga alumnus Pondok Modern Gontor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement