Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Masjid Al-Azhar Siap Tampung 30 Ribu Jamaah Shalat Idul Adha

Ahad 11 Sep 2016 21:04 WIB

Rep: Rahmat Fajar / Red: Budi Raharjo

 Warga menuruni anak tangga usai menjalankan shalat di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta. (ilustrasi) (Republika/ Tahta Aidilla)

Warga menuruni anak tangga usai menjalankan shalat di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta. (ilustrasi) (Republika/ Tahta Aidilla)

Foto: Republika/ Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha 1437 Hijriyah yang jatuh pada Senin (12/9). Sejumlah masjid baik besar maupun kecil telah mempersiapkan fasilitas untuk pelaksanaan shalat Ied.

Kepala Direktorat Sosial Dakwah Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, Zainul Arifin mengatakan, telah siap menggelar shalat Idul Adha 1437 Hijriyah. Segala fasilitas sudah dicek seperti mimbar, pengeras suara dan shaf sudah disiapkan. Termasuk tempat pemotongan hewan kurban.

“Shalat Ied kita sudah siap dengan khatib, Memed Sururi dan Imam, H Mukhtar Ibnu,” jelas Zainul saat dihubungi Republika, Ahad (11/9).

Disamping itu, keamanan juga sudah dipersiapkan dengan bekerja sama dengan Polsek Kebayoran Baru. Petugas kepolisian nantinya akan membantu mengamankan lokasi shalat Ied dan mengatur lalu lintas.

Al-Azhar juga akan mengoptimalkan satpamnya sendiri yang cukup banyak. Selain itu, panitia juga akan mengundang Satpol PP untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban. Rencananya, kata Zainul, pelaksanaan shalat Idul Adha akan digelar pukul 07.00 WIB.

Zainul memperkirakan jamaah shalat Idul Adha tidak akan sebanyak seperti Idul Fitri. Menurutnya, jika penuh Al-Azhar akan bisa menampung sekitar 30 ribu jamaah. “Kalau Idul Adha paling kurang dari itu,” ujarnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA