Senin 08 Aug 2016 14:41 WIB

Tim Juri Kompetisi Pariwisata Halal Asesmen Hotel di Bali

Ilustrasi Wisata Halal. (Republika/Mardiah)
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Wisata Halal. (Republika/Mardiah)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Tim juri Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 (KPHN 2016) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mulai melakukan asesmen kepada para peserta KPHN.

Asesmen hari pertama, Senin (8/8), dipimpin Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) Kementerian Pariwisata, Riyanto Sofyan, didampingi Wakil Ketua TP3H Hafizudin Ahmad dan Organizing Committee (OC) Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016, Guntur Subagja.

''Tiga hotel di Bali yang dilakukan asesmen adalah Hotel The Radhana di Kuta, The Oasis Lagoon di Sanur, dan hotel Bayt Kaboki di Kuta Bali,'' ungkap siaran pers yang diterima Republika, Senin (8/8).

Ketua TP3H Kementerian Pariwisata Riyanto Sofyan menjelaskan kompetisi pariwisata halal ini merupakan bagian dari upaya Indonesia mempercepat industri pariwisata halal di Indonesia.

Pariwisata halal atau dikenal dengan istilah halal tourism atau muslim friendly tourism kini menjadi tren di dunia, baik di negara-negara berpenduduk  muslim maupun non muslim.

Pariwisata halal yang dikembangkan adalah pariwisata halal yang inklusif. Dengan begitu, kata Riyanto Sofyan, pelaku industri pariwisata halal akan mendapatkan pasar yang lebih besar.

Selain pasar turis konvensional yang umum, juga dapat menarik turis ya g konsens pada makanan halal dan fasilitas yang ramah wisatawan muslim.

Dewan Juri Hafizudin Ahmad mejelaskan, kesadaran dan kebutuhan masyarakat terhadap aspek halal dalam industri pariwisata semakin besar.

Fasilitas ramah wisatawan muslim yang tersedia akan memberikan nilai tambah bagi industri pariwisata nasional. Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 diikuti sebanyak 75 peserta dalam 14 kategori yang dilombakan.

Ini adalah kali pertama diselenggarakannya kompetisi pariwisata halal tingkat nasional di mana para pemenang kategori dipastikan menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang kompetisi pariwisata halal internasional World Halal Travel Award (WHTA).

Adapun Kategori Lomba dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 sebagai berikut: Penerbangan Ramah Wisatawan Muslim, Airport Ramah Wisatawan Muslim, Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim, Hotel Luxurious Ramah Wisatawan Muslim, Apartemen Ramah Wisatawan Muslim, Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim, Biro Perjalanan Wisata Halal dan Website Travel Ramah Wisatawan Muslim.

Selain itu kategori lomba termasuk Perusahaan Kapal Pesiar Ramah Wisatawan Muslim, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim, Operator Haji & Umrah, Destinasi Wisata Halal, Destinasi Kuliner Halal serta Destinasi Budaya Halal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement