Jumat 01 Apr 2016 13:17 WIB

Tunggu Pelaksanaan Autopsi, Kader Muda Muhamamdiyah Jaga Makam Siyono 24 Jam

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Muhammad Subarkah
Anggota Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) melakukan pengamanan di depan ruang panitia Mukatamar Muhammadiyah di kampus Unismuh Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (29/7).
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Anggota Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) melakukan pengamanan di depan ruang panitia Mukatamar Muhammadiyah di kampus Unismuh Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (29/7).

REPUBLIKA.CO.ID,‎ JAKARTA -- Dalam waktu dekat, Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah akan melakukan autosi terhadap jenazah terduga teroris Siyono (39). Namun demi alasan keamanan, Pemuda Muhammadiyah enggan menyebutkan tanggal pasti autopsi tersebut. Bahkan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, makam Siyono dijaga para kader muda Muhammadiyah yang tergabung dalam Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM)

"Muhammadiyah telah menunjuk enam dokter ahli forensik dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan wilayah Jawa Tengah untuk melakukan autopsi," kata Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak saat konferensi pers 'Mencari Keadilan untuk Suharmi' di Jakarta, Jumat (1/4).

Awalnya, autopsi akan dilakukan Rabu (30/3), namun karena alasan teknis, autopsi tersebut pun ditunda. Autopsi tersebut dilakukan atas permintaan keluarga Siyono, terutama sang istri, Suharmi. Pemuda Muhammadiyah pun kerap berulangkali mempertanyakan keseriusan Suharmi perihal autopsi tersebut, terutama berkaitan dengan kuasa yang ia berikan pada Muhammadiyah. Suharmi sendiri percaya bahwa Muhammadiyah dan ormas serta lembaga lain yang terkait, mampu mendampinginya mencari keadilan atas meninggalnya Siyono.

Dahnil mendapat laporan dari rekan-rekan yang berjaga di kediaman Suharmi di Dusun Brengkungan, Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten, Jawa Tengah, bahwa ia merasa mendapat teror. Pasalnya ada saja orang yang mengawasi dan datang ke rumahnya yang ia curigai sebagai pihak ketiga. Aparatur desa pun, kata Dahnil, terkesan ikut menerornya. Suharmi pun minta ditemani. Hingga kini, tiim Kokam melakukan penjagaan terhadap Suharmi dan lima anaknya.

Dahnil mengatakan tidak boleh ada orang asing di sekitar kediaman Suharmi, termasuk terhadap kuburan Siyono. "Karena khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka kuburan Siyono kami jaga 24 jam secara bergantian," kata Dahnil.

Dalam kesempatan itu, dia membantah tuduhan pihak-pihak yang menyudutkan Muhammadiyah karena terkesan ngotot  membela keluarga Siyono. Dahnil menegaskan, pendampingan yang dilakukan Muhammadiyah bukan karena Siyono atau Suharmi adalah kader Muhammadiyah.

"Mereka bukan kader Muhammadiyah. Siapapun orang yang datang ke kami, meminta bantuan mencari keadilan, apapun latar belakang dan agamanya, pasti akan kami bantu semampu kami," jelas Dahnil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement