Kamis 24 Mar 2016 13:49 WIB

GP Ansor Amankan Paskah di Kupang

Seragam Gerakan Pemuda Ansor.
Foto: NU
Seragam Gerakan Pemuda Ansor.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Nusa Tenggara Timur ikut mengamankan perayaan Paskah di seluruh wilayah provinsi berbasis kepulauan itu. GP Ansor berpatroli untuk menciptakan  kekhusyukan peringatan hari raya umat Kristiani tersebut.

"Semua personel kami yang ada di daerah-daerah sudah langsung membaur dengan aparat keamanan lainnya di setiap tempat perayaan ibadah Pasakah 2016, termasuk prosesi Jumat Agung di Larantuka Flores Timur Jumat besok," kata Ketua Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Provinsi Nusa Tenggara Timur Abdul Muis di Kupang, Kamis (24/3).

Menurut dia, personel yang telah diterjunkan untuk kepentingan membantu pengamanan perayaan tersebut sudah langsung membaur dengan sejumlah aparat keamanan lainnya. Contohnya kepolisian dan sejumlah pengamanan dari internal panitia di setiap gereja.

Untuk kepentingan tersebut, organisasi kemasyaratan pemuda di Indonesia yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU) itu membangun komunikasi dan koordinasi dengan sejumlah pihak baik kepolisian dan TNI. GP Ansor pun berpartisipasi dengan panitia perayaan di masing-masing gereja agar pelaksanaan tuga pengamanan bisa berjalan lancar.

"Setiap personel yang kita terjunkan sudah kami mintakan untuk berkoordinasi dengan pihak panitia atau pengamanan lainnya agar sinergis," kata wartawan sebuah harian terbitan Kupang itu.

Khusus untuk Kota Kupang, sedikitnya 200 personel telah disiagakan dan akan terus melakukan pengamanan hingga Senin (28/3)."Nanti akan ada pawai Paskah karena itu kami akan terus berjaga hingga hari itu," katanya.

Demi kepentingan kelancaran koordinasi, kata dia, GP Ansor secara khusus membentuk posko pengamanan di sejumlah titik."Ini untuk memastikan koordinasi antarpersonel saat bertugas di lapangan," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pelibatan personel GP Ansor NTT dalam pengamanan di setiap perayaan Paskah dan Natal di provinsi selaksa pulau itu sudah menjadi program rutin organisasi yang didirikan pada tanggal 24 April 1934 itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement