Selasa 01 Mar 2016 21:17 WIB

Din: Umat Beragama Harus Bersatu Perangi Radikalisme

Rep: c25/ Red: Agung Sasongko
Din Syamsuddin
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Radikalisme memang menjadi masalah semua agama. Maka itu, perlu ada kerja sama untuk memerangi radikalisme.

Ketua Centre for Dialogue and Cooperatin among Civilisations (CDCC), Din Syamsuddin, mengajak seluruh umat beragama untuk bersatu memerangi radikalisme. Menurut Din, salah satu langkah tepat umat beragama, adalah dengan mengambil sikap atas paham-paham radikalisme.

"Umat beragama harus bersatu, mengambil sikap untuk kepentingan bersama," kata Din, Selasa (3/1)

Ia menjelaskan dengan bersatu memerangi radikalisme, tidak akan ada lagi pandangan negatif kepada Islam, yang seakan selaku disangkutpautkan dengan radikalisme. Sebab, Islam adalah agama yang penuh kedamaian, dan tidak akan mengizinkan tindak-tindak kekerasan.

Din menegaskan kalau persoaan radikalisme, merupakan tanggung jawab bersama setiap pemeluk agama, tidak melulu Islam. Untuk itu, ia menilai perlu ada sebuah kesatuan pemahaman dan tindakan, termasuk mempromosikan wajah Islam sebenarnya, yg moderat dan toleran.

Ke depan, Din berharap ada sebuah rumusan strategi yang jitu, yang dapat menanggulangi radkalisme secara efektif. Dengan begitu, ia bermimpi akan ada masa depan akan dunia yang lebih baik, tentu saja dengan kedamaian yang menyelimuti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement