Selasa 01 Mar 2016 17:47 WIB

Anak Muda Harus Waspadai Gerakan Radikalisme

Rep: c25/ Red: Agung Sasongko
Radikalisme(ilustrasi)
Foto: punkway.net
Radikalisme(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemunculan paham-paham radikalisme patut diwaspadai. Pasalnya, radikalisme merupakan ancaman bagi bangsa dan agama, terutama kaum muda.

Maarif Institute menggelar diskusi tentang radikalisme di kalangan remaja, terutama terkait hasil survey yang telah dilakukan sepanjang 2015 dengan tema yang sama. Tema radikalisme di kalangan remaja dianggap sangat tepat, mengingat derasnya arus paham-paham radikalisme, yang seakan berkembang di media sosial.

Direktur Eksekutif Maarif Institue, Fajar Riza Ul Haq, merasa tema radikalisme di kalangan remaja sangat penting, dilihat dari derasnya informasi yang dapat diakses remaja dengan mudah. Ia menekankan, diskusi dilakukan agar menemukan titik-titik kewaspadaan, mencegah perkembangan radikalisme terjadi.

Remaja, lanjut Riza, harus menjadi titik utama kewaspadaan demi menekan perkembangan paham-paham radikalisme, muncul di masa yang akan datang. Maka itu, ia berharap semua pihak dapat memberi peran menekan perkembangan radikalisme, terutama yang tumbuh di kalangan remaja.

"Melihat kondisi saat ini, semua pihak harus bisa berperan aktif menekan perkembangan radikalisme," kata Fajar kepada Republika, Selasa (1/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement