Selasa 08 Dec 2015 08:19 WIB

ICMI Optimalkan Manfaat Internet untuk Kegiatan Masjid

ICMI
ICMI

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Padang berencana memaksimalkan fungsi masjid bagi masyarakat setempat. Optimalisasi fungsi masjid itu dilakukan melalui pemanfaatan manajemen berbasis IT.

"Selain menjadi tempat ritual keagamaan, masjid juga diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat lainnya," ungkap ketua pelaksana seminar, Rais di Padang, belum lama ini.

Salah satu contoh pemanfaatan teknologi informasi dalam manajemen masjid yaitu menghubungkan setiap informasi kegiatan di setiap masjid melalui jaringan internet sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah masyarakat yang datang ke masjid.

"Idealnya masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah namun menjadi pusat kegiatan masyarakat. Di Padang sudah ada koperasi masjid, majelis taklim hanya saja masih dikelola secara sederhana," tambahnya.

Sekretaris ICMI Padang, Guswardi mengatakan, dengan penerapan teknologi informasi, diharapkan pula dapat menjadi pusat informasi bagi masyrakat di mana setiap kegiatan di masjid dapat diakses dengan mudah. Realisasi penerapan TI tersebut, ICMI mendorong pihak ke tiga untuk memfasilitasi.

"Kami targetkan, dari 100 masjid yang diundang akan dipilih satu hingga dua masjid di setiap kecamatan sebagai percobaan di mana pemilihan masjid tersebut ditentukan oleh pihak Telkom atas berbagai kriteria seperti lokasi masjid dan sarana pendukung lainnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement